Mengenal 10 Suku Bangsa yang Ada di Indonesia beserta Keunikannya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi 10 Suku Bangsa yang Ada di Indonesia. Foto: dok. Unsplash/Dendy Darma Satyazi
Ilustrasi 10 Suku Bangsa yang Ada di Indonesia. Foto: dok. Unsplash/Dendy Darma Satyazi

Sebutkan 10 suku bangsa yang ada di Indonesia! Soal ini termasuk ke dalam salah satu soal latihan yang umum dibahas dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dalam materi soal ini, siswa diajarkan tentang apa saja suku bangsa yang ada di Indonesia.

Indonesia sebagai negara yang besar dengan tingkat keragaman yang tinggi membuat negara ini memiliki masyarakat dengan keragaman suku dan budaya yang sangat tinggi.

Mengenal 10 Suku Bangsa yang Ada di Indonesia beserta Keunikannya yang Menarik untuk Diketahui

Ilustrasi 10 Suku Bangsa yang Ada di Indonesia. Foto: dok. Unsplash/Artem Beliaikin
Ilustrasi 10 Suku Bangsa yang Ada di Indonesia. Foto: dok. Unsplash/Artem Beliaikin

Mengutip dari buku berjudul Indonesiaku Bhinneka Tunggal Ika, Isra Widya Ningsih, dkk., ‎Maulana Arafat Lubis (2022: 158), Indonesia yang dikenal memiliki kekayakan suku yang beragam memiliki beberapa suku bangsa yang ada di Indonesia.

Mulai dari suku Dayak, suku Minangkabau, dan lain sebagainya. Sebutkan 10 suku bangsa yang ada di Indonesia! Berikut ini adalah 10 suku bangsa di Indonesia beserta ciri khas dan keunikannya.

  1. Suku Jawa: suku dengan jumlah populasi terbesar di Indonesia dan tersebar di seluruh pulau di Indonesia, bahkan mancanegara, yaitu adanya negara Suriname, sebuah negara di Benua Amerika yang dihuni suku Jawa.

  2. Suku Sunda: suku yang dikenal sebagai suku terbesar kedua di Indonesia setelah suku Jawa. Suku Sunda memiliki kesenian berupa alat musik yang khas, yaitu angklung

  3. Suku Minangkabau: suku yang umum dikenal sebagai suku Minang. Ciri khas kebudayaan yang dianut masyarakat suku Minangkabau adalah sistem kekerabatan matrilineal.

  4. Suku Dayak: dikenal sebagai suku bangsa dari pedalaman Pulau Kalimantan. Suku ini dikenal sebagai suku dengan warisan magis dan ilmu spiritual yang cukup kuat

  5. Suku Batak: dikenal sebagai salah satu suku terbesar di Indonesia bersama suku Sunda dan Suku Jawa.

  6. Suku Madura: termasuk ke dalam bagian Provinsi Jawa Timur, namun bahasa yang digunakan cukup berbeda dengan masyarakat suku Jawa.

  7. Suku Bugis: memiliki keunikan sebab mayoritas masyarakatnya yang suka melaut.

  8. Suku Betawi : suku yang mendiami Ibu Kota Jakarta. Suku ini memiliki keunikan dan ciri khas dari bahasa dan tarian tradisionalnya.

  9. Suku asal Sumatra Selatan: termasuk ke dalam salah satu suku dengan jumlah populasi yang cukup tinggi di Indonesia

  10. Suku Melayu: suku yang dikenal berasal dari kelompok austronesia, yang kemudian mendiami wilayah Asia Tenggara. Selain Indonesia, suku ini dapat ditemukan di berbagai negara seperti Malaysia.

Baca juga: Keragaman Suku Bangsa dan Fungsinya dalam Mempertahankan Keutuhan Bangsa

Penjelasan soal sebutkan 10 suku bangsa yang ada di Indonesia dapat dijadikan sebagai bahan belajar bagi siswa, khususnya dalam mengenal keragaman suku yang ada di Indonesia. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/mengenal-10-suku-bangsa-yang-ada-di-indonesia-beserta-keunikannya-22G9oXbO8JY

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations