Mengapa Kita Perlu Mempelajari Sejarah? Ini Jawaban Lengkapnya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Mengapa Kita Perlu Mempelajari Sejarah. Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko
Ilustrasi Mengapa Kita Perlu Mempelajari Sejarah. Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko

Mengapa kita perlu mempelajari sejarah? Jawaban singkat untuk pertanyaan tersebut adalah manusia perlu mempelajari sejarah agar mengetahui rangkaian peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Namun, jawaban singkat tersebut tentu belum memuaskan bagi seseorang dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Oleh karena itu, orang dengan rasa ingin tahu yang tinggi akan selalu mencari literatur sampai mendapatkan jawaban yang sesuai dengan logikanya.

Mengapa Kita Perlu Mempelajari Sejarah?

Ilustrasi Mengapa Kita Perlu Mempelajari Sejarah. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio
Ilustrasi Mengapa Kita Perlu Mempelajari Sejarah. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio

Mengapa kita perlu mempelajari sejarah merupakan pertanyaan yang dapat muncul dalam benak setiap orang. Ketika seseorang memiliki pertanyaan tersebut, artinya seseorang itu ingin mengetahui alasan penting dari mempelajari sejarah.

Setelah mengetahui alasan yang sesuai dengan logikanya, seseorang itu pun dapat memiliki motivasi lebih untuk mempelajari sejarah. Guna membantu dalam menemukan alasan yang sesuai logika, berikut penjelasan tentang perlunya mempelajari sejarah.

1. Memahami Peristiwa yang Terjadi di Masa Lampau

Dikutip dari laman KBBI Daring, kbbi.kemdikbud.go.id, sejarah merupakan pengetahuan tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa mempelajari sejarah artinya belajar memahami peristiwa yang terjadi di masa lampau. Pasalnya, sejumlah peristiwa di masa lampau kerap memiliki kaitan dengan peristiwa di masa kini.

Salah satu contoh adalah Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) setiap tanggal 17 Agustus di masa kini memiliki kaitan dengan sejarah kemerdekaan Indonesia. Pasalnya, proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung pada tanggal 17 Agustus 1945.

2. Mendapatkan Pelajaran dari Peristiwa di Masa Lampau

Alasan kedua tentang perlunya mempelajari sejarah adalah supaya mendapatkan pelajaran dari peristiwa di masa lampau. Pasalnya, setiap peristiwa tentu mempunyai pelajaran atau pesan tersendiri, demikian pula dengan peristiwa sejarah.

Contoh pelajaran dari peristiwa di masa lampau adalah masyarakat Indonesia di masa kini belajar untuk terus mempertahankan persatuan dan kesatuan. Hal itu terjadi karena sejarah mengajarkan pentingnya rasa persatuan dan kesatuan bagi suatu bangsa.

3. Menyadari bahwa Waktu akan Terus Berjalan

Dikutip dari buku Sejarah 1 Sekolah Menengah Atas, Mustopo, dkk. (2007: 12), salah satu manfaat mempelajari sejarah adalah memberikan kesadaran waktu. Ketika mempelajari sejarah, seseorang dapat menyadari bahwa waktu akan terus berjalan.

Setelah memahami hal tersebut, seseorang pun akan lebih menghargai waktu beserta peristiwa yang terjadi di masa sekarang. Pasalnya, waktu di masa sekarang kelak akan menjadi sejarah bagi generasi penerus di masa mendatang.

Baca juga: 3 Unsur Penting dalam Sejarah dan Penjelasan Lengkapnya

Jadi, alasan dari mengapa kita perlu mempelajari sejarah adalah supaya manusia dapat mengetahui berbagai peristiwa di masa lampau. Selain itu, belajar sejarah menjadi perlu sebab ada banyak pelajaran berharga dari peristiwa yang terjadi di masa lampau. (AA)

https://kumparan.com/berita-terkini/mengapa-kita-perlu-mempelajari-sejarah-ini-jawaban-lengkapnya-20xrUDlT5SH

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations