Memahami Pengertian Data, Jenis, dan Fungsinya dalam Penelitian
Oleh Berita Update
Ilustrasi Pengertian Data, Jenis, dan Fungsinya. Sumber: Unsplash/UX Indonesia
Ilustrasi Pengertian Data, Jenis, dan Fungsinya. Sumber: Unsplash/UX Indonesia

Pengertian data, jenis, dan fungsinya merupakan pemahaman penting yang perlu setiap orang miliki sebelum melakukan penelitian. Pemahaman tersebut dapat membantu seseorang dalam mengenal dan mencari data yang sesuai untuk melengkapi penelitian.

Kegunaan data dalam sebuah penelitian adalah menjadi pendukung kesimpulan serta membantu dalam pengujian hipotesis. Oleh karena itu, tidak heran jika kelengkapan data menjadi salah satu faktor penting dalam menilai validitas sebuah penelitian.

Pengertian Data, Jenis, dan Fungsinya

Ilustrasi Pengertian Data, Jenis, dan Fungsinya. Sumber: Unsplash/UX Indonesia
Ilustrasi Pengertian Data, Jenis, dan Fungsinya. Sumber: Unsplash/UX Indonesia

Pengertian data, jenis, dan fungsinya merupakan konsep yang selalu ada dalam pembahasan seputar metodologi penelitian. Hal itu dapat terjadi karena pemahaman tentang konsep data memegang peranan penting terhadap kelangsungan suatu penelitian.

Ketika seorang peneliti atau calon peneliti memahami konsep data, dirinya akan lebih memahami data yang harus dikumpulkan untuk melengkapi penelitian. Jika hal itu terjadi, kemungkinan penelitian yang dilakukan valid pun lebih besar.

Guna memperjelas pemahaman tentang pengertian data, jenis, serta fungsinya, berikut adalah penjelasan ringkasnya yang mudah untuk dipahami.

1. Pengertian

Secara umum, data dapat memiliki makna sebagai keterangan atau bahan nyata yang dapat menjadi dasar kajian. Ketika membicarakan data, artinya seseorang membicarakan kumpulan data karena data merupakan bentuk jamak dari datum (informasi tunggal).

Dikutip dari buku Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Hasan (2013: 21), data merupakan keterangan-keterangan suatu hal. Data dapat berupa sesuatu yang diketahui, sesuatu yang dianggap, atau anggapan.

2. Jenis-Jenis

Data dalam penelitian memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut mengelompokkan data berdasarkan sumber pengambilannya, waktu pengumpulannya, sifatnya, dan berbagai klasifikasi lainnya.

Mengutip dari buku yang sama, Hasan (2013: 21 – 22), berikut adalah jenis-jenis data berdasarkan sumber pengambilan, waktu pengumpulan, serta sifatnya.

A. Berdasarkan Sumber Pengambilan

  • Data primer, yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung di lapangan oleh orang yang melakukan penelitian.

  • Data sekunder, yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh orang yang melakukan penelitian dari sumber-sumber yang telah ada.

B. Berdasarkan Waktu Pengumpulan

  • Data berkala (time series), yaitu data yang terkumpul dari waktu ke waktu untuk memberikan gambaran perkembangan suatu kegiatan atau keadaan.

  • Data kerat lintang (cross section), yaitu data yang terkumpul pada suatu waktu tertentu untuk memberikan gambaran perkembangan suatu kegiatan atau keadaan pada waktu itu.

C. Berdasarkan Sifat

  • Data kualitatif, yaitu data yang tidak berbentuk bilangan.

  • Data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk bilangan.

3. Fungsi

Keberagaman data dalam penelitian tidak terjadi secara serta-merta tanpa alasan yang jelas. Faktanya, data memiliki fungsi penting bagi sebuah penelitian.

Dikutip dari buku Metode Penelitian untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, Fatihudin (2015: 118), fungsi data dalam penelitian adalah mendukung kesimpulan yang dihasilkan dan membantu dalam pengujian hipotesis.

Baca juga: Memahami Fungsi, Tujuan, Peran, dan Jenis Dokumen

Setelah menyimak pengertian data, jenis, dan fungsinya, menjadi jelas alasan pentingnya memahami konsep tersebut sebelum melakukan penelitian. Konsep tersebut perlu dipahami karena mendukung kesimpulan dan merupakan faktor validitas sebuah penelitian. (AA)

https://kumparan.com/berita-update/memahami-pengertian-data-jenis-dan-fungsinya-dalam-penelitian-21ew4pUfi8a

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations