Malam Ini iPhone 15 Dirilis, Apa yang Sudah Diketahui?
Apple akan meluncurkan iPhone 15 Series pada Rabu (13/9) dini hari WIB. Dia menjadi penerus iPhone 14 Series. #kumparanTECH
IPhone 14 Plus baru yang dipamerkan pada Apple Event "Far Out" di kantor pusat Apple, Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (7/9/2022). Foto: Carlos Barria/Reuters
IPhone 14 Plus baru yang dipamerkan pada Apple Event "Far Out" di kantor pusat Apple, Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (7/9/2022). Foto: Carlos Barria/Reuters

iPhone generasi baru akan segera hadir. Apple bakal menyelenggarakan sebuah acara Apple Event pada malam ini, tepatnya Rabu (13/9) dini hari, untuk memperkenalkan iPhone 15 Series.

Ajang bertajuk 'Wonderlust' itu digelar di Steve Jobs Theater yang berlokasi di Cupertino, California, AS, pada Selasa (12/9) pukul 10.00 waktu setempat. Jika dikonversi ke waktu Indonesia, maka acara akan berlangsung pada Rabu (13/9) pukul 00.00 WIB.

Acaranya bisa disaksikan secara live streaming di situs web Apple maupun channel Apple di YouTube melalui web browser Safari, Google Chrome, Firefox, atau lainnya. Apple Event juga bisa dipantau dari platform Apple TV.

Perusahaan belum mengungkap sama sekali soal detail iPhone 15. Namun beragam rumor tentangnya sudah beredar luas di dunia maya.

kumparan telah merangkum apa saja yang patut kamu ketahui tentang iPhone 15 sejauh ini, yang dirangkum dari berbagai sumber di internet. Berikut daftarnya:

iPhone Akhirnya Pakai USB-C

Pembaruan yang paling dinanti adalah kehadiran lubang USB-C. iPhone 15 Series diprediksi menjadi iPhone pertama dengan port USB-C untuk pengisian daya maupun transfer data, menggantikan Lightning yang sudah digunakan bertahun-tahun.

iPhone X modifikasi dengan port USB Type-C. Foto: Kenny Pi/YouTube
iPhone X modifikasi dengan port USB Type-C. Foto: Kenny Pi/YouTube

Peralihan ini sengaja dilakukan Apple untuk mematuhi aturan dari Uni Eropa yang mewajibkan semua gadget, termasuk iPhone, memakai port USB-C. Kebijakan tersebut mulai efektif per akhir 2024.

Meski diganti USB-C, kecepatan transfer datanya bakal berbeda di tiap model iPhone 15. iPhone 15 versi premium akan didukung dengan USB-C 3.2 atau Thunderbolt 3, sementara varian standarnya menggunakan USB-C 2.0 yang lebih lambat.

Semua model nantinya juga mendukung fast charging 35W.

Model Ultra Gantikan Pro Max?

iPhone generasi baru diprediksi bakal datang dalam empat model: iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Untuk varian yang terakhir disebut, ada kemungkinan Apple melakukan rebranding.

Perangkat akan memiliki nama baru, yakni iPhone 15 Ultra. Jika terealisasikan, pembaruan ini mengikuti penamaan Apple Watch Ultra yang sudah dilakukan Apple pada tahun lalu.

iPhone 15 Standar Sudah Punya Poni Gerak, Kamera Utama Lebih Baik

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus memiliki desain yang tetap sama dengan pendahulunya, iPhone 14. Ukuran layarnya masih tetap 6,1 inci dan 6,7 inci.

Menariknya, kedua model akan mengadopsi fitur poni geraknya iPhone 14 Pro, yakni Dynamic Island. Fitur ini membuat notch iPhone 15 dan iPhone 15 Plus menjadi interaktif, bergerak membesar untuk menampilkan notifikasi yang masuk.

Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Foto: Dok. Apple
Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Foto: Dok. Apple

Kedua perangkat juga memiliki peningkatan di sektor kamera. Apple akan menggantikan kamera utama 12 MP dengan sensor 48 MP. Ini resolusi yang sama dipakai iPhone 14 Pro tahun lalu.

Performa iPhone 15 Pro dan Pro Max Makin Ngebut, Punya Tombol Baru

Untuk iPhone 15 kelas high-end, Apple akan menggunakan prosesor baru A17 sebagai dapur pacunya. Cip berukuran 3 nanometer itu membuat performa lebih cepat dan lebih hemat konsumsi daya baterainya.

Apple juga bakal menggunakan cip ultrawide-band (UWB) 'U2', menggantikan U1 yang pertama kali dipakai di iPhone 11 Pro pada 2019 lalu. Komponen ini diprediksi dapat meningkatkan kemampuan lokasi di iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, termasuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, sehingga pelacakan di aplikasi Find My makin presisi.

Pembaruan yang paling menarik adalah tidak adanya tombol mute di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra yang sudah ada sejak iPhone pertama debut pada 2007 silam. Sebagai gantinya, Apple akan pasang 'Action Button' yang bisa dikustomisasi untuk berbagai fungsi, seperti mengaktifkan silent mode atau focus mode, menyalakan lampu flash, mulai merekam suara, hingga membuka Siri.

Tampilan iPhone 14 baru yang dipamerkan pada Apple Event "Far Out" di kantor pusat Apple, Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (7/9/2022). Foto: Carlos Barria/Reuters
Tampilan iPhone 14 baru yang dipamerkan pada Apple Event "Far Out" di kantor pusat Apple, Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (7/9/2022). Foto: Carlos Barria/Reuters

Kedua iPhone 15 kelas high-end itu punya layar 6,7 inci dan tiga kamera, termasuk sensor 48 MP. Ada lensa telephoto dan ultrawide baru dengan megapixel yang lebih banyak.

Pembaruan kamera paling besar akan dirasakan pada iPhone 15 Pro Max atau Ultra. Dia memiliki sistem telephoto dengan kemampuan zoom optik lebih dalam. Kamera anyar itu bisa fokus lebih cepat pada objek yang jauh menggunakan lensa fisik alias non-software, sehingga kualitas gambarnya diklaim lebih tinggi dan gak blur.

Selain iPhone 15, Apple juga diprediksi akan memperkenalkan AirPods baru yang menyertakan port USB-C. Jam tangan pintar Apple pun akan mendapat pembaruan di acara tersebut dengan jajaran Apple Watch Series 9.

https://kumparan.com/kumparantech/malam-ini-iphone-15-dirilis-apa-yang-sudah-diketahui-21AVZnkpJAw

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations