Macam-Macam Sumber Informasi dan Fungsi Pentingnya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi sebutkan macam-macam sumber informasi - Sumber: pixabay.com/jarmoluk
Ilustrasi sebutkan macam-macam sumber informasi - Sumber: pixabay.com/jarmoluk

Bisakah sebutkan macam-macam sumber informasi yang sering digunakan? Sumber informasi adalah segala sesuatu yang fungsi utamanya untuk menyediakan data, fakta, atau pengetahuan daam bentuk informasi.

Sumber ini bisa berupa berbagai media yang memberikan informasi kepada individu atau kelompok. Sumber informasi juga dapat bersifat fisik atau digital, dan beragam dalam bentuk dan jenisnya.

Sebutkan Macam-Macam Sumber Informasi!

Ilustrasi sebutkan macam-macam sumber informasi - Sumber: pixabay.com/anniespratt
Ilustrasi sebutkan macam-macam sumber informasi - Sumber: pixabay.com/anniespratt

Sumber informasi adalah fondasi pengetahuan. Informasi yang diperoleh dari berbagai sumber membantu masyarakat untuk memahami fakta, konsep, dan prinsip-prinsip yang mendasari berbagai bidang pengetahuan.

Berdasarkan buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi, Paristiyanti Nurwardani (Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan), dkk, 2016, berdasarkan sifatnya sumber informasi dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu data primer, sekunder, dan tersier.

Bila menemui pertanyaan serupa dengan sebutkan macam-macam sumber informasi, inilah jawabannya.

1. Data Primer

Data primer merupakan sumber data yang langsung diperoleh dari sumber data pertama (informen inti). Bisa juga diartikan sebagai informasi yang diperoleh secara langsung di lokasi penelitian atau objek/subjek penelitian.

Fungsi data primer adalah memberikan informasi langsung dari sumbernya, yang asli dan akurat. Data ini belum pernah diinterpretasikan atau diolah sebelumnya, memberikan gambaran langsung tentang kejadian atau fenomena yang sedang diteliti.

2. Data Sekunder

Data sekunder merupakan sumber data yang diperoleh dari sumber kedua atau sumber yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data. Bisa berupa dokumen, pengakuan, atau hasil wawancara dengan pihak kedua (informen penguat data).

Fungsinya adalah untuk menyediakan referensi untuk penelitian atau analisis yang sedang dilakukan. Menggunakan data sekunder dapat menghemat waktu dan biaya yang seharusnya diperlukan untuk mengumpulkan data dari awal. Contohnya hasil penelitian terdahulu.

3. Data Tersier

Jika informasi sekunder adalah sekumpulan data yang memudahkan pencarian, maka informasi tersier adalah gambaran singkat dari informasi sekunder. Fungsi data tersier adalah untuk memudahkan pencarian sumber data sekunder.

Sebagai contoh, indeks abstrak adalah kumpulan abstrak yang memudahkan pencarian. Bisa juga dalam bentuk daftar bibliografi yang diterbitkan dalam suatu majalah.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Data Primer dalam Penelitian

Selain 3 sumber utama tersebut, teknik pengumpulan data juga bisa menjadi sumber informasi yang akurat. Bahkan, teknik pengumpulan data ini sangat penting dalam suatu penelitian. Salah satu yang sering digunakan adalah pengamatan langsung atau observasi.

Jawaban dari pertanyaan sebutkan macam-macam sumber informasi telah diuraikan di atas. Informasi yang akurat dari sumber yang terpercaya penting dalam pengambilan keputusan. Berlaku dalam berbagai konteks, mulai dari keputusan pribadi hingga kebijakan publik. (DNR)

https://kumparan.com/berita-terkini/macam-macam-sumber-informasi-dan-fungsi-pentingnya-21yiYrcODkL

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations