Langkah Menulis Informasi dalam Bacaan yang Wajib Diketahui Siswa
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Langkah Menulis Informasi dalam Bacaan. Sumber foto: unsplash.com/Sincerely Media
Ilustrasi Langkah Menulis Informasi dalam Bacaan. Sumber foto: unsplash.com/Sincerely Media

Sebuah bacaan atau teks mengandung dan berisi berbagai informasi yang berguna untuk pembaca. Dalam membuat sebuah bacaan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, coba tuliskan langkah menulis informasi dalam bacaan.

Dengan memperhatikan langkah menulis informasi dalam bacaan, maka seorang siswa bisa menghasilkan sebuah bacaan yang berguna untuk audiens.

Tuliskan Langkah Menulis Informasi dalam Bacaan! Ini Jawabannya

Ilustrasi Langkah Menulis Informasi dalam Bacaan. Sumber foto: unsplash.com/Sincerely Media
Ilustrasi Langkah Menulis Informasi dalam Bacaan. Sumber foto: unsplash.com/Sincerely Media

Dikutip dari buku Explore Bahasa Indonesia Jilid 2 Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI karya Imam Taufik dkk., (2008) menulis informasi dalam bacaan adalah salah satu keterampilan yang penting bagi siswa.

Informasi dalam bacaan adalah gagasan pokok atau gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Informasi dalam bacaan bersifat untuk menambah pengetahuan pembaca tentang suatu topik.

Coba tuliskan langkah menulis informasi dalam bacaan yang baik dan benar? Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diikuti:

1. Tentukan Topik yang Ingin Ditulis

Topik adalah hal umum yang menjadi pokok pembicaraan dalam bacaan. Topik bisa berupa nama, tempat, peristiwa, fenomena, atau hal lain yang menarik perhatianmu.

2. Lakukan Riset atau Penelitian Tentang Topik

Siswa bisa mencari sumber-sumber referensi yang relevan dan terpercaya, seperti buku, jurnal, artikel, website, atau media lainnya. Catat informasi-informasi penting yang ditemukan dari sumber-sumber tersebut.

3. Susun Kerangka Tulisan

Kerangka tulisan adalah rangkaian poin-poin utama yang akan kamu bahas dalam bacaan. Kerangka tulisan bisa berupa judul, pendahuluan, isi, dan penutup.

Siswa bisa menggunakan teknik 5W+H (apa, kapan, dimana, siapa, mengapa, dan bagaimana) untuk menyusun kerangka tulisanmu.

4. Tulis Informasi dalam Bacaan

Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung informasi pokok dalam paragraf. Kalimat utama biasanya berada di awal atau akhir paragraf.

Kalimat penjelas adalah kalimat yang menjelaskan atau mengembangkan informasi pokok tersebut dengan menggunakan fakta, data, contoh, atau argumen.

5. Periksa Kembali Tulisan

Setelah selesai menulis, harus memeriksa kembali tulisan untuk memastikan tidak ada kesalahan ejaan, tata bahasa, atau tanda baca. Selain itu juga harus memastikan bahwa tulisan sesuai dengan tujuan dan sasaran pembaca.

Baca juga: Pengertian Parabel dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Jadi dapat disimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan tuliskan langkah menulis informasi dalam bacaan ada beberapa tahapan. (WWN)

https://kumparan.com/berita-terkini/langkah-menulis-informasi-dalam-bacaan-yang-wajib-diketahui-siswa-21vuScAsSov

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations