Konsumen Selektif Belanja di E-commerce, Pilih yang Paling Murah & Cepat Sampai
Konsumen makin selekrif belanja di e-commerce, pilih platform yang menawarkan produk dengan harga murah dan cepat sampai. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Ilustrasi belanja online menggunakan mobile banking. Foto: Shutterstock
Ilustrasi belanja online menggunakan mobile banking. Foto: Shutterstock

Lembaga penelitian asal Prancis, Ipsos, melakukan riset mengenai dinamika perilaku belanja online masyarakat Indonesia per Juni 2024. Hasilnya konsumen makin selektif belanja di e-commerce.

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma, mengatakan bahwa sejak adanya e-commerce, kecenderungan masyarakat untuk memilih belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang.

"Riset kami menunjukkan bahwa konsumen Indonesia kini semakin selektif dalam memilih platform e-commerce andalan mereka. Hadirnya berbagai fitur dan program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform," ujar Andi dalam keterangannya, Minggu (23/6).

Dari 1.000 responden yang disurvei Ipsos di beberapa wilayah Indonesia, dengan umur 18-35 tahun, diketahui bahwa metode pembayaran hingga layanan pengiriman jadi salah satu yang dipertimbangkan konsumen. Sebanyak 66 persen responden memilih Shopee sebagai e-commerce yang memiliki beragam layanan pengiriman cepat. Disusul oleh Tokopedia (16 persen), Lazada (10 persen), dan TikTok Shop (7 persen).

Selain itu, konsumen juga memilih e-commerce yang menawarkan berbagai metode pembayaran. Sebanyak 64 persen responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti Tokopedia (15 persen), Lazada (11 persen), dan TikTok Shop (8 persen).

Setelah paket sampai, terkadang ada hal di luar kendali yang membuat pembeli harus mengembalikan pesanan kepada penjual. Untuk itu, kebijakan pengembalian barang yang mudah juga dinilai penting dalam melengkapi pengalaman belanja holistik pengguna.

Melihat dari layanan garansi bebas pengembalian, 66 persen pengguna menyadari bahwa Shopee memiliki proses pengembalian barang tercepat, dibandingkan Tokopedia (15 persen), Lazada (11 persen), dan Tiktok Shop (8 persen). Program Garansi Bebas Pengembalian dari Shopee juga dikenal jauh lebih luas oleh 77 persen responden, jauh di atas program serupa dari platform e-commerce lainnya, seperti pada Tokopedia (47 persen), Lazada (44 persen), dan TikTok Shop (31 persen).

Sejalan dengan temuan ini, salah satu metode pembayaran yang paling menarik perhatian lainnya adalah Cash on Delivery (COD), Shopee mendominasi metode pembayaran COD sebesar 66 persen, diikuti oleh Tokopedia dan Lazada sebesar 12 persen, dan yang terakhir adalah TikTok Shop 10 persen.

Selanjutnya, konsumen juga cenderung memilih platform e-commerce dengan harga termurah, dengan Shopee yang memimpin di angka 64 persen, jauh melampaui Lazada (13 persen), Tokopedia (12 persen), dan TikTok Shop (11 persen).

"Dari data yang telah kami sajikan, terlihat bahwa Shopee tidak hanya menawarkan pilihan metode pembayaran yang beragam, kelengkapan produk, harga yang termurah, dan ragam layanan pengiriman cepat serta proses pengembalian yang mudah, tetapi juga memanfaatkan fitur-fitur interaktif seperti live streaming dan video pendek untuk meningkatkan keterlibatan serta kepuasan konsumen," tambahnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/konsumen-selektif-belanja-di-e-commerce-pilih-yang-paling-murah-and-cepat-sampai-22zZPiZr60a

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations