Khotbah Tahun Baru Semangat Baru Lengkap dengan Bacaan Ayat Alkitab
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi khotbah tahun baru semangat baru. Foto: Pexels/Jonathan Petersson
Ilustrasi khotbah tahun baru semangat baru. Foto: Pexels/Jonathan Petersson

Mengawali tahun baru, umat Kristen biasanya akan mengikuti ibadah awal tahun di gereja masing-masing. Dalam ibadah tersebut akan disampaikan khotbah tahun baru semangat baru.

Mendengarkan khotbah di awal tahun akan membuat jemaat menjadi lebih berpengharapan dalam menjalani tahun selanjutnya. Berita firman membuat iman menjadi lebih kuat dan bersukacita dalam Kristus.

Khotbah Tahun Baru Semangat Baru

Ilustrasi khotbah tahun baru semangat baru. Foto: Unsplash/Rod Long
Ilustrasi khotbah tahun baru semangat baru. Foto: Unsplash/Rod Long

Mendengarkan firman Tuhan sangat penting bagi orang Kristen. Berdasarkan buku Homiletika, Dr. Wendy Sepmady Hutahaean, (2021:76) memahami firman dapat membuat orang bertumbuh secara maksimal dan menjadi bijaksana.

Saat memasuki awal tahun, sudah sepatutnya orang Kristen mendengarkan khotbah tahun baru semangat baru. Dikutip dari laman Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kayu Putih, berikut contoh khotbah tahun baru berjudul "Harapan di Tahun yang Baru".

Ayat Alkitab:

"Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku." (Filipi 4: 13)

Biasanya, tahun yang baru identik dengan sukacita dan harapan. Sebuah awal baru yang patut dirayakan. Karena itu, kita akan memasuki tahun baru dengan suasana penuh sukacita, diiringi dengan begitu banyak harapan dan semangat.
Namun, memasuki tahun 2024 ini, kita merasakan suasana yang sangat berbeda. Curah hujan yang tinggi, diikuti banjir dan longsor melanda berbagai wilayah di malam pergantian tahun.
Tak sedikit warga ikut terkena dampak dari bencana ini. Rumah dan harta milik mereka porak poranda, bahkan banyak yang tidak bisa diselamatkan lagi. Semua datang begitu cepat dan tiba-tiba sehingga sebagian dari kita tidak sempat lagi menyelamatkan barang-barang penting.
Bagi kami, dukacita kami tak berhenti sampai di situ. Memasuki tahun yang baru, kami menerima berbagai kabar duka dari sahabat dan rekan di sekitar kami. Ada anggota keluarga mereka harus mengalami sakit parah, dan bahkan ada yang harus kehilangan orang terkasih di momen tahun baru.
Sungguh kami terhenyak melihat semua peristiwa yang terjadi. Suasana tahun baru yang biasanya diisi dengan sukacita, berganti dengan kabar dukacita yang beruntun. Sinar mentari dan harapan kini seolah berganti dengan awan mendung dan ketidakpastian yang membayangi.
Melihat semua ini, hati saya bertanya-tanya, apa yang mau Tuhan sampaikan, mengapa semua Tuhan izinkan terjadi di saat kami justru sedang bersemangat memasuki tahun yang baru?
Sekalipun tidak mudah mendapatkan jawabannya, tetapi saya belajar tentang kehidupan ini. Kehidupan manusia, bahkan orang beriman sekalipun, memang tidak selalu berjalan mulus. Kita kerap mengalami tragedi dan dukacita.
Kita tidak kebal terhadap kegagalan dan pergumulan hidup. Keadaan kehidupan kita tidak selalu lebih mudah dan lebih baik dari orang lain.
Lalu, apa yang membedakan kehidupan kita sebagai orang beriman dengan kehidupan orang lain? Perbedaan kehidupan kita terletak pada kehadiran Yesus Kristus di dalam hidup kita!
Semua peristiwa yang mengawali tahun ini mengingatkan saya dan kita semua, betapa kecil dan lemahnya manusia. Kekuatan kita terbatas. Kemampuan kita bisa lenyap.
Pergumulan demi pergumulan kerap masih harus kita hadapi. Sehebat apapun manusia, kita tak akan mampu melewati kehidupan kita dengan kekuatan sendiri.
Namun, ayat bacaan kita hari ini mengingatkan, segala perkara dapat kita tanggung di dalam Dia yang memberi kita kekuatan. Tak ada yang tak dapat kita lalui bersama Yesus. Kita hanya bisa menghadapi apa pun, dengan mengandalkan diri kepada kekuatan-Nya semata.
Mari kita memasuki hari-hari ke depan dengan keyakinan teguh pada Yesus, satu-satunya Sumber Pengharapan kita.

Baca juga: Renungan Rohani Kristen Akhir Tahun Lengkap Ayat Alkitab

Khotbah tahun baru semangat baru yang didengarkan di awal tahun akan menjadi pondasi dalam menjalani hidup setahun. Kiranya di tahun 2024, seluruh umat hidup dalam pengharapan akan Kristus. (SASH)

https://kumparan.com/berita-terkini/khotbah-tahun-baru-semangat-baru-lengkap-dengan-bacaan-ayat-alkitab-21rJqsBJvGP

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations