Ketahui Usaha dan Fungsi Bank Perkreditan Rakyat
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Tuliskan Usaha dan Fungsi Bank Perkreditan Rakyat. Sumber: Pexels/Energepic com
Ilustrasi Tuliskan Usaha dan Fungsi Bank Perkreditan Rakyat. Sumber: Pexels/Energepic com

Terdapat banyak sekali lembaga keuangan di Indonesia. Salah satunya adalah Bank Perkreditan Rakyat atau yang biasa dikenal dengan sebutan BPR. Tuliskan usaha dan fungsi Bank Perkreditan Rakyat!

Terdapat beberapa usaha dan fungsi BPR. Contohnya adalah memberikan bantuan kredit kepada masyarakat.

Jawaban Tuliskan Usaha dan Fungsi Bank Perkreditan Rakyat

Ilustrasi Tuliskan Usaha dan Fungsi Bank Perkreditan Rakyat. Sumber: Pexels/Joslyn Pickens
Ilustrasi Tuliskan Usaha dan Fungsi Bank Perkreditan Rakyat. Sumber: Pexels/Joslyn Pickens

Dikutip dari buku Bank dan lembaga Keuangan Lain, Muktar (2016), keberadaan uang dengan segala permasalahannya memerlukan suatu lembaga khusus untuk menangani dan menjembatani antara kebutuhan masyarakat dan kondisi ekonomi yang ada, sehingga dibentuklah suatu lembaga perbankan dan lembaga keuangan lain.

Salah satu lembaga perbankan yang hingga saat ini masih eksis di tanah air adalah Bank Perkreditan Rakyat atau BPR. Menurut Undang-undang Nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan, Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan Prinsip Syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

BPR memiliki peranan yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan perbankan masyarakat di Indonesia. Pasalnya Bank Perkreditan Rakyat melayani berbagai golongan pengusaha. Seperti pengusaha mikro, kecil, dan menengah.

Lantas apa jawaban yang tepat untuk soal “tuliskan usaha dan fungsi Bank Perkreditan Rakyat!”? Usaha yang dilakukan oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah menghimpun dana dari masyarakat. Dana tersebut berbentuk simpanan, contohnya tabungan, deposit berjangka, maupun bentuk lainnya yang dipersamakan. Adapun fungsi dari BPR sebagai berikut:

  • Memberikan kredit kepada masyarakat

  • Menyediakan pembiayaan bagi nasabah dengan berdasarkan prinsip bagi hasil yang telah disesuaikan dengan ketetapan yang ditetapkan dalam PP (Peraturan Pemerintah).

  • Menempatkan dana dalam bentuk SBI atau Sertifikat bank Indonesia, sertifikat deposito, deposito berjangka, serta tabungan pada bank lainnya.

Terdapat larangan usaha yang tidak bolleh dilakukan oleh BPR. larangan tersebut diatur dalam UU Perbankan. Larangannya adalah dilarang menerima simpanan dalam bentuk giro serta ikut dalam lalu lintas pembayaran.

Di tanah air, ada beberapa Bank Perkreditan Rakyat yang dapat dipilih oleh masyarakat. Berikut daftar nama banknya:

  • BPR Lestari

  • BPR Weleri Makmur

  • BPR Kayra Bhakti Artha

  • Bank Kredit Desa

  • PT.BPR Artha Aceh Sejahtera

Baca juga: Prosedur Menabung di Bank dan Tip Menabung untuk Masa Depan

Tuliskan usaha dan fungsi Bank Perkreditan Rakyat! Usahanya adalah menghimpun dana dari masyarakat. Sementara fungsi dari bank tersebut salah satu contohnya adalah memberikan kredit kepada masyarakat. (FAR)

https://kumparan.com/berita-terkini/ketahui-usaha-dan-fungsi-bank-perkreditan-rakyat-22mbBc2Kfwd

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations