Ketahui Kalori Kue Cornflakes dan Cara Membuatnya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi kalori kue cornflakes. Sumber: Pexels/Thiea Alhoz
Ilustrasi kalori kue cornflakes. Sumber: Pexels/Thiea Alhoz

Aneka kukis dan kue kering menjadi kudapan yang selalu tersaji di meja saat Lebaran tiba. Salah satu kue yang kerap ada adalah kue corn flakes. Kira-kira, ada berapa kalori kue cornflakes dalam tiap sajiannya?

Hitung-hitungan soal kalori ini penting diketahui bagi yang sedang menerapkan pola hidup sehat. Pasalnya, orang-orang kerap makan kue dalam jumlah banyak karena ukurannya yang kecil dan rasanya nikmat. Tanpa mereka tahu bahwa kalori di dalamnya sangat tinggi.

Informasi Kalori Kue Cornflakes

Ilustrasi kalori kue cornflakes. Sumber: Pexels/Towfiqu barbhuiya
Ilustrasi kalori kue cornflakes. Sumber: Pexels/Towfiqu barbhuiya

Sesuai dengan namanya, kue cornflakes adalah kue atau kukis yang berbahan dasar corn flakes atau sereal jagung. Sebenarnya, corn flakes bukanlah makanan yang tinggi kalori jika dikonsumsi tanpa campuran apa pun.

Berdasarkan situs penghitung kalori, fatsecret.co.id, dalam satu porsi atau satu mangkuk corn flakes mengandung 101 kalori. Namun, jika sudah diolah menjadi kudapan, kalori kue cornflakes mencapai 240 kalori untuk tiga keping.

Kalori kue cornflakes menjadi tinggi karena dalam proses pembuatannya dicampur dengan margarin, gula pasir, susu, telur, serta terigu. Komposisi tersebut membuat kalori dalam tiap keping kue menjadi tinggi.

Cara Membuat Kue Cornflakes

Ilustrasi kalori kue cornflakes. Sumber: Pexels/Nicole Michalou
Ilustrasi kalori kue cornflakes. Sumber: Pexels/Nicole Michalou

Apabila tertarik untuk membuat kue cornflakes sendiri untuk jamuan Lebaran, ada resep yang bisa dicontoh. Berikut ini cara membuat kue cornflakes.

Bahan

  • 200 gram margarin

  • 3 sdm susu bubuk

  • 160 gram gula pasir halus

  • 1 butir kuning telur

  • Setengah putih telur

  • Setengah sdt vanili

  • 200 gram tepung terigu protein rendah

  • 100 gram corn flakes

Cara Membuat

  1. Campurkan semua bahan seperti margarin, susu bubuk, gula pasir, kuning telur, putih telur, dan vanili. Kocok semua bahan sampai lembut.

  2. Saat sudah tercampur, tambahkan tepung terigu dan aduk rata. Masukkan corn flakes dan aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.

  3. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan margarin. Ambil dan cetak adonan menggunakan dua buah sendok teh. Setelah dicetak, pipihkan adonan. Lakukan langkah ini sampai adonan habis.

  4. Panggang adonan dengan oven bersuhu 120 derajat celcius selama 20 menit sampai berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Setelah matang, angkat dari loyang dan dinginkan.

  5. Simpan kue di dalam wadah kedap udara.

Baca juga: Kalori Pisang Ijo dan Informasi Gizi Lainnya

Kombinasi gurih corn flakes dan manisnya gula susu membuat kudapan ini terasa enak. Namun, ingat selalu bahwa kalori kue cornflakes lumayang tinggi sehingga jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. (SASH)

https://kumparan.com/berita-terkini/ketahui-kalori-kue-cornflakes-dan-cara-membuatnya-22UiSssUsCQ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations