Kata: Arti, Fungsi, dan Jenisnya dalam Bahasa Indonesia
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Kata adalah, sumber: unsplash/JazminQuaynor
Ilustrasi Kata adalah, sumber: unsplash/JazminQuaynor

Kata adalah istilah dalam Bahasa Indonesia yang tidak bisa dilepaskan dalam komunikasi sehari-hari. Istilah ini merupakan bagian sederhana dari kalimat tertentu yang mampu disampaikan kepada orang lain dan bisa dipahami secara baik.

Setiap kata memiliki makna, sehingga orang yang ingin mengucapkannya harus memahami maknanya terlebih dahulu. Dengan begitu, komunikasi yang dibangun dengan orang lain bisa lebih mudah dipahami.

Arti Kata dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi Kata adalah, sumber: unsplash/ChivalryCreative
Ilustrasi Kata adalah, sumber: unsplash/ChivalryCreative

Kata adalah suatu elemen komunikasi yang tidak hanya digunakan ketika berbicara, tetapi juga menulis. Kata-kata yang dirangkai dalam kalimat harus rapi, sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.

Mengutip buku Pengantar Ilmu Linguistik, Frida & Ria Yuliati (2018: 44), kata berperan sebagai satuan gramatikal terkecil yang memiliki arti dan makna.

Dengan begitu, maka kata bisa disusun menjadi bentuk kalimat, frasa, dan klausa. Kata juga memiliki kegunaan untuk menunjukkan atau menerangkan keterangan suatu waktu, sifat, benda, dan sebagainya.

Fungsi Kata dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi Kata adalah, sumber: unsplash/Turmanova
Ilustrasi Kata adalah, sumber: unsplash/Turmanova

Berikut adalah beberapa fungsi kata dalam Bahasa Indonesia yang perlu dipahami.

  1. Kata sebagai subjek: Subjek merupakan bagian dari kalimat yang menandakan tentang sesuatu yang tengah dibicarakan.

  2. Kata sebagai predikat: Bagian dari kalimat yang menandakan sesuatu yang tengah diperbincangkan oleh subjek dan umumnya harus mengandung unsur verba.

  3. Kata sebagai objek: Bagian dari kalimat yang berperan sebagai penderita atau yang mengalami kejadian tertentu dan keberadaannya sebagai pemberi keterangan dari predikat.

  4. Kata sebagai keterangan: Bagian dari kalimat yang berfungsi untuk memberikan keterangan pada unsur yang lain.

Jenis-jenis Kata dalam Bahasa Indonesia

Ilustrasi Kata adalah, sumber: unsplash/BlazPhoto
Ilustrasi Kata adalah, sumber: unsplash/BlazPhoto

Kata dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut.

1. Kata Benda

Nomina merupakan nama dari seluruh benda dan segala hal yang dibendakan. Nomina dibedakan menjadi kata benda kongkret dan kata benda abstrak.

2. Kata Sandang

Jenis kata yang kedua adalah sandang. Kata ini bersifat gelar atau berhubungan dengan orang atau hal yang dinilai bermartabat.

3. Kata Kerja

Kata kerja adalah kata yang menyatakan tindakan, proses, atau keadaan tertentu. Kata kerja menduduki posisi predikat dalam kalimat.

4. Kata Seru

Kata seru adalah kata yang menyatakan perasaan pembicara dan mampu memperkuat ungkapan rasa hati. Contohnya, yaitu astaga, syukur, asyik, dan lain-lain.

5. Kata Kerja Sifat

Kata kerja sifat adalah kata yang bisa diikuti dengan kata keterangan sekali dan bisa dibentuk menjadi kata ulang berimbuhan gabung se-nya. Contohnya, yaitu buruk (buruk sekali).

6. Kata Ganti

Kata ganti adalah kata yang digunakan untuk mengacu pada nomina lain dalam struktur kalimat. Contohnya, yaitu kamu, ia, beliau, dan sekalian.

7. Kata Bilangan

Kata bilangan merupakan kata yang digunakan untuk menghitung banyaknya sesuatu yang bersifat kongkret, baik itu orang, binatang, atau barang. Contohnya, yaitu sebatang, selembar, atau sehelai.

8. Kata Keterangan

Kata keterangan merupakan jenis kata yang menyatakan predikat (verba) suatu kalimat. Contohnya, yaitu sekedar, senantiasa, dan lain-lain.

9. Kata Penghubung

Kata penghubung adalah kata tugas yang menghubungkan dua satuan bahasa sederajat, yaitu kata dengan kata, klausa dengan klausa, frasa dengan frasa, atau kalimat dengan kalimat. Contohnya, yaitu apabila, ketika, saat, dan bila.

Baca juga: Memahami Pengertian dan Contoh Kalimat Definisi

Secara umum, kata adalah satuan bahasa yang mempunyai makna. Dengan memahami pengertian, fungsi, dan jenis-jenis kata, maka akan memudahkan dalam menangkap informasi saat membaca suatu tulisan. (DLA)

https://kumparan.com/berita-terkini/kata-arti-fungsi-dan-jenisnya-dalam-bahasa-indonesia-21CqIWGi452

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations