Kapolda Sumbar soal Diadukan ke Propam di Kasus Afif: Saya Pembela Kebenaran
Kapolda Sumbar soal Diadukan ke Propam di Kasus Afif: Saya Pembela Kebenaran #newsupdate #news
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono bersama Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto di Mapolda Sumbar. Foto: kumparan
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono bersama Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto di Mapolda Sumbar. Foto: kumparan

Kapolda Sumbar Irjen Suharyono angkat bicara terkait pengaduan yang dilayangkan terhadapnya ke Propam Mabes Polri soal dugaan pelanggaran kode etik dalam penyelidikan kasus tewasnya Afif Maulana (13 tahun).

Suharyono tak ambil pusing atas pengaduan itu. Menurutnya, ia bukanlah pelaku kejahatan.

"Silakan saja. Saya bukan pelaku kejahatan, kok. Saya pembela kebenaran," kata Suharyono saat dikonfirmasi, Rabu (3/7).

Suharyono justru mempermasalahkan tindakan LBH Padang yang seakan menjelek-jelekkan institusi Polri. Dia menilai, apa yang diungkapkan oleh LBH Padang telah diskenario.

Kalau institusi kami diinjak-injak dan dipojokkan, ya siapa yang tidak marah? LBH sok suci. Dia mengatur skenario dan alibi sedemikian rupa, seolah-olah prediksinya yang paling benar," tuding Suharyono.

Suharyono menegaskan, pihaknya bertanggung jawab atas proses penyelidikan yang saat ini tengah berlangsung. Termasuk berbagai fakta yang telah diungkap.

"Kami pertanggungjawabkan, bahwa kami yakini, berdasarkan kesaksian dan barang bukti yang kuat, Afif Maulana melompat ke sungai untuk mengamankan diri, sebagaimana ajakannya ke Adhitya. Bukan dianiaya polisi. Itu keyakinan kami," tegas jenderal kelahiran Temanggung, 2 Desember 1966.

Afrinaldi dan Anggun Angriani, orang tua Afif Maulana, memegang foto anaknya. Foto: kumparan
Afrinaldi dan Anggun Angriani, orang tua Afif Maulana, memegang foto anaknya. Foto: kumparan

Pengaduan ke Propam Polri dilayangkan oleh Kepala Divisi Hukum KontraS, Andrie Yunus. Aduan itu teregister dengan nomor: SPSP2/002933/VII/2024/BAGYANDUAN tertanggal 3 Juli 2024.

"Kami melaporkan dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh Kapolda Sumatera Barat, Kasat Reskrim Polresta Padang dan satu Kanit Jatanras dari Satreskrim Polresta Padang," kata Andrie di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu (3/7).

Selain membuat laporan pengaduan, Andrie menjelaskan, pihaknya turut melayangkan permohonan ke Birowassidik Bareskrim Polri terkait proses penyelidikan yang telah dilakukan.

https://kumparan.com/kumparannews/kapolda-sumbar-soal-diadukan-ke-propam-di-kasus-afif-saya-pembela-kebenaran-233dGjYMiqK

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations