Kalori Daging Kambing dan Kandungan Gizinya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Kalori Daging Kambing, Foto: Unsplash/YinYang.
Ilustrasi Kalori Daging Kambing, Foto: Unsplash/YinYang.

Daging kambing merupakan jenis daging merah yang banyak dikonsumsi masyarakat. Menjelang hari raya Iduladha, akan banyak daging kambing yang bisa dikonsumsi. Namun, bagi yang sedang menjalani program diet perlu mengetahui kalori daging kambing.

Mengetahui kalori makanan yang dikonsumsi sangat perlu supaya tidak mengganggu program diet yang dilakukan. Masyarakat juga perlu mengetahui jumlah kalori yang ada dalam daging kambing agar bisa membuat keputusan yang lebih sehat terkait asupan gizi dan diet.

Kalori Daging Kambing

Ilustrasi Kalori Daging Kambing, Foto: Unsplash/Veronika111.
Ilustrasi Kalori Daging Kambing, Foto: Unsplash/Veronika111.

Dikutip dari buku Beternak Kambing Unggul karya Agus Andoko dkk (2013: 7), kalori daging kambing dalam 100 gram adalah 154 kalori, 9,2 mg lemak, dan 3,6 mg lemak jenuh.

Namun, daging kambing yang telah diolah akan mengalami jumlah kalori yang berbeda. Sehingga perlu diperhatikan juga cara memasaknya. Berikut adalah rincian kalori dan kandungan gizi dalam daging kambing:

Daging Kambing Mentah (per 100 gram)

  • Kalori: sekitar 154 kalori

  • Protein: 20.6 gram

  • Lemak: 2.3 gram

  • Karbohidrat: 0 gram

  • Zat Besi: sekitar 2.83 mg

  • Vitamin B12: sekitar 1.07 µg

  • Zinc: sekitar 3.63 mg

Daging Kambing Panggang (per 100 gram)

  • Kalori: sekitar 143 kalori

  • Protein: 27 gram

  • Lemak: 3 gram

  • Karbohidrat: 0 gram

Manfaat Daging Kambing

Ilustrasi Kalori Daging Kambing, Foto: Unsplash/ruksutakarn.
Ilustrasi Kalori Daging Kambing, Foto: Unsplash/ruksutakarn.

Daging kambing memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari mengonsumsi daging kambing.

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Daging kambing adalah sumber protein yang baik, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, serta untuk menjaga massa otot. Protein juga penting untuk produksi enzim dan hormon dalam tubuh.

2. Rendah Lemak dan Kolesterol

Dibandingkan dengan daging merah lainnya seperti sapi atau babi, daging kambing memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah. Ini menjadikannya pilihan yang lebih sehat untuk orang yang ingin mengontrol asupan lemak jenuh dan kolesterol.

3. Kaya Zat Besi

Daging kambing adalah sumber zat besi yang sangat baik, yang penting untuk produksi hemoglobin dalam darah. Hemoglobin membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, dan kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

4. Mengandung Vitamin B12

Vitamin B12 yang ditemukan dalam daging kambing penting untuk fungsi saraf yang sehat, produksi DNA, dan pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan gangguan neurologis.

Baca Juga: Informasi Kalori Pizza Hut dan Kebutuhan Kalori Harian

Demikian pembahasan mengenai jumlah kalori daging kambing. Kalorinya dapat berbeda-beda, tergantung banyaknya daging dan cara mengolahnya. (Umi)

https://kumparan.com/berita-terkini/kalori-daging-kambing-dan-kandungan-gizinya-22rdxMuEVDP

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations