Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Tubuh dalam Sehari untuk Pria dan Wanita
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi untuk Berapa Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Tubuh dalam Sehari. Sumber: Unsplash/I Yunmai
Ilustrasi untuk Berapa Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Tubuh dalam Sehari. Sumber: Unsplash/I Yunmai

Berapa kalori yang dibutuhkan tubuh dalam sehari? Kalori harus dipenuhi dengan jumlah yang tepat agar bisa mempertahankan berat badan ideal. Pria dan wanita memiliki jumlah kebutuhan kalori yang berbeda.

Selain dari jenis kelamin, jumlah kalori juga ditentukan dari usia dan tingkat aktivitas yang dijalankan oleh seseorang. Jumlah kalori penting untuk diketahui agar bisa menentukan jumlah makanan yang dikonsumsi dalam sehari.

Berapa Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Tubuh dalam Sehari?

Ilustrasi untuk Berapa Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Tubuh dalam Sehari. Sumber: Unsplash/Diana Polekhina
Ilustrasi untuk Berapa Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Tubuh dalam Sehari. Sumber: Unsplash/Diana Polekhina

Apa itu kalori? Mengutip dari Kalori: Panduan Lengkap Tentang Energi dalam Nutrisi, Saras (2023:48), kalori merupakan satuan ukur energi yang digunakan untuk mengukur nilai energi dalam makanan.

Dalam konteks aktivitas fisik, kalori diartikan sebagai sumber bahan bakar yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan berbagai fungsi dan aktivitas sehari-hari. Berapa kalori yang dibutuhkan tubuh dalam sehari?

Kebutuhan kalori pria dan wanita tergantung pada usia, berat badan, dan aktivitas sehari-harinya. Pria usia 19 hingga 30 tahun membutuhkan sekitar 2.400 sampai 3.000 kalori per hari. Seiring bertambahnya usia, jumlah kalori yang dibutuhkan pria akan berkurang.

Pria berusia 31 hingga 59 tahun memerlukan sekitar 2.200 sampai 3.000 kalori per harinya. Adapun pria yang berusia di atas 60 tahun membutuhkan kalori yang lebih sedikit, yaitu kira-kira 2.000 hingga 2.600 kalori per hari.

Sedangkan, wanita berusia 19 sampai 30 tahun memerlukan kalori sekitar 2.000 hingga 2.400 kalori per harinya. Sama seperti pria, dengan bertambahnya usia, jumlah kalori yang dibutuhkan wanita semakin berkurang.

Wanita usia 31 hingga 59 tahun mempunyai kebutuhan kalori kira-kira 1.800 hingga 2.200 kalori per hari. Untuk wanita di atas 60 tahun, jumlah kalori harian yang harus dipenuhi adalah sekitar 1.600 hingga 2.000 kalori per harinya.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, mengurangi jumlah kalori adalah cara yang efektif. Namun, makanan yang akan dikonsumsi harus dipertimbangkan dengan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya berkonsultasi kepada ahlinya untuk mendapatkan menu diet yang sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

Baca juga: Apa Itu Defisit Kalori? Ini Jawaban Lengkap beserta Cara Melakukannya

Berapa kalori yang dibutuhkan tubuh dalam sehari? Jadi, pria dan wanita memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Kebutuhan kalori ini akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/jumlah-kalori-yang-dibutuhkan-tubuh-dalam-sehari-untuk-pria-dan-wanita-22Ykhtu97Zh

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations