Jadilah AI Inovator Masa Depan, Begini Tipsnya
Untuk bisa menjadi inovator berbasis AI dengan inovasi yang solutif, dibutuhkan ide yang kreatif, strategi yang matang, dan eksekusi yang solid. #kumparanTECH
Polusi udara mengepung Monas di Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Polusi udara mengepung Monas di Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Dunia yang kita tinggali penuh dengan masalah sosial yang kompleks dan membutuhkan solusi inovatif serta berkelanjutan. Program pembelajaran dan kompetisi Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM) bisa menjadi platform yang tepat untuk mengasah ide dan strategi buat kamu yang ingin menjadi agen perubahan.

Untuk bisa menjadi pemenang dengan inovasi yang solutif, dibutuhkan ide yang kreatif, strategi yang matang, dan eksekusi yang solid. Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu menjadi pemenang yang membawa perubahan positif bagi masyarakat:

Temukan Masalah yang Tepat

Langkah pertama adalah menemukan masalah sosial yang ingin diselesaikan. Pastikan masalah tersebut signifikan, berkelanjutan, dan dapat diukur dampaknya.

Kamu bisa melakukan riset, berbicara dengan komunitas yang terkena dampak, atau mencari data dan statistik yang tersedia di jurnal, makalah, hingga artikel yang kredibel untuk membantu kamu mengidentifikasi masalah yang tepat.

Kembangkan Solusi Inovatif

Setelah isu atau masalahnya sudah ditemukan, saatnya kamu mulai mencari solusi. Ini bisa dilakukan dengan melakukan brainstorming untuk menemukan ide sebanyak ide.

Evaluasi beberapa ide yang didapat dengan cermat, termasuk mempertimbangkan kelayakan, efektivitas, keberlanjutan, dan skalabilitas setiap solusi. Pilih solusi yang paling mungkin berhasil dalam mengatasi masalah dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan.

Bangun Tim yang Kuat

Keberhasilan dalam kompetisi sains juga berpengaruh dari tim yang kamu bentuk. Kumpulkan individu dengan berbagai keahlian, pengalaman, dan perspektif.

Pastikan tim memiliki chemistry yang baik dan mampu bekerja sama secara efektif. Tetapkan juga peran dan tanggung jawab yang jelas untuk setiap anggota tim, agar pengembangan ide menjadi solusi berjalan lancar.

Tim Qalam Malaq dari SMA 78 Jakarta, salah satu pemenang Samsung Solve for Tomorrow 2023. Foto: Dok. Samsung
Tim Qalam Malaq dari SMA 78 Jakarta, salah satu pemenang Samsung Solve for Tomorrow 2023. Foto: Dok. Samsung

Buat Rencana Matang

Kamu perlu mengembangkan rencana untuk mengimplementasikan solusi yang sudah dipilih tadi. Perencanaan yang dibangun sudah mencakup langkah-langkah spesifik, timeline, anggaran, dan sumber daya yang diperlukan.

Penting buat kamu dan tim untuk mengidentifikasi potensi tantangan dan hambatan yang mungkin akan dihadapi. Rancang juga rencana untuk mengatasi peluang tersebut.

Uji Coba dan Sempurnakan Solusi

Awal inovasi terbentuk biasanya jarang sempurna. Oleh sebab itu, penting untuk menguji solusi tersebut ke pengguna dalam jumlah terbatas, termasuk pemangku kepentingan.

Kumpulkan feedback atau masukan yang didapat dari hasil pengujian terbatas tadi. Manfaatkan kritik dan saran yang diterima untuk menyempurnakan solusi dan membuatnya menjadi lebih efektif dan efisien.

Komunikasikan Ide dengan Jelas dan Efektif

Siapkan presentasi yang menarik dan informatif untuk menjelaskan ide kamu dan tim kepada juri dan audiens. Gunakan media visual, seperti video, gambar, hingga grafik untuk membantu menjelaskan ide kamu.

Di sesi ini tak jarang presenter bisa gugup. Oleh sebab itu, kamu perlu berlatih komunikasi agar pesan bisa disampaikan dengan baik, jelas, dan efektif.

Latihan presentasi juga membantu membangun kesadaran dan menarik perhatian juri dan audiens bahwa ide dan inovasi kamu merupakan solusi yang tepat untuk masalah yang dipaparkan.

Tunjukkan Passion dan Antusiasme

Juri akan terkesan dengan passion dan antusiasme kamu terhadap masalah dan solusi yang ditawarkan. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli dengan solusi yang dibawa bisa menyelesaikan masalah dan membawa perubahan berarti.

Pastikan juga kamu bisa menjawab pertanyaan dari dewan juri dengan percaya diri.

Ilustrasi pelatihan Design Thinking di Samsung Solve for Tomorrow. Foto: Dok. Samsung
Ilustrasi pelatihan Design Thinking di Samsung Solve for Tomorrow. Foto: Dok. Samsung

Jika kamu memiliki ide, dan itu berpotensi menjadi solusi yang inovatif untuk masalah sosial saat ini, tidak ada salahnya untuk menuangkan dan mengeksekusi ide tersebut melalui Samsung Solve for Tomorrow (SFT) yang kembali digelar di tahun ini.

Apa itu Samsung Solve for Tomorrow (SFT)?

Samsung SFT merupakan program pembelajaran dan kompetisi STEM bagi talenta muda AI (artificial intelligence) yang ingin mewujudkan imajinasi solusi nyata dan inovatif untuk memecahkan masalah masyarakat. Program dibuka untuk siswa sekolah menengah atas (SMA, SMK, dan MA) serta mahasiswa (D3, D4, dan S1).

"Setelah sukses pada tahun lalu, kami memperluas jangkauan peserta program SFT tahun 2024 untuk para mahasiswa tingkat D3, D4 dan S1 atas dasar visi kami untuk terus memupuk dan mencetak talenta-talenta digital muda Indonesia. Terlebih dengan adanya agenda Indonesia Emas 2045, kami ingin mengambil bagian dalam membangun generasi muda yang mampu menghadirkan perubahan positif bagi masyarakat di sekitar mereka," kata Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, Ennita Pramono.

Program ini akan menjadi wadah bagi para inovator muda untuk membebaskan imajinasi mereka dalam berinovasi menciptakan solusi yang dapat memecahkan berbagai persoalan nyata di masyarakat. Mereka akan dibekali keterampilan-keterampilan kehidupan yang penting, yang pastinya akan sangat berharga untuk pengembangan diri dan meraih masa depan lebih baik.- Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia -

Samsung SFT 2024 akan fokus pada tema Education & Learning untuk menciptakan inovasi, aplikasi teknologi kreatif, serta cara baru yang lebih menarik untuk belajar dan meraih masa depan lebih baik; Environment & Sustainability untuk menghasilkan solusi yang dapat meminimalkan masalah lingkungan dan perubahan iklim serta dampaknya; dan Health & Wellness untuk meningkatkan gaya hidup sehat dan sejahtera bagi semua orang.

Di era mobile AI, para peserta akan diberdayakan dengan pembelajaran mengenai AI dan Design Thinking. Keduanya tidak hanya bermanfaat untuk merancang inovasi yang dibutuhkan, tetapi juga menjadi bekal keterampilan yang penting untuk meraih masa depan lebih baik di era digital.

Samsung SFT 2024 akan berlangsung selama kurang lebih lima bulan dalam tiga fase kompetisi: preliminary, semifinal, dan final.

Samsung Solve for Tomorrow 2024 segera digelar, dengan pendaftaran akan dibuka pada Mei 2024. Foto: Dok. Samsung
Samsung Solve for Tomorrow 2024 segera digelar, dengan pendaftaran akan dibuka pada Mei 2024. Foto: Dok. Samsung

Peserta tidak hanya mendapatkan keterampilan teknis saja. Pelatihan komprehensif dalam soft skill yang penting, seperti kerja sama tim, berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi melalui Design Thinking Workshop serta sesi mentoring bersama pakar dari Samsung dan mitra program juga diberikan.

Samsung SFT tahun ini menawarkan perpaduan unik antara pembelajaran teori dan aplikasi praktis. Harapannya, para peserta akan memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuannya dalam skenario dunia nyata, mendorong mereka berpikir di luar kebiasaan, dan mengembangkan solusi yang inovatif untuk berbagai masalah sosial di sekitarnya.

Para peserta bakal mendapatkan pengalaman nyata dalam pengembangan solusi digital, yang sangat dicari di industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Mereka akan diminta menyiapkan makalah konsep pada saat pendaftaran, serta memberikan video pitch dan prototipe proyek pada semifinal.

Samsung mulai membuka pendaftaran program Solve for Tomorrow per Mei 2024. Website khusus untuk Samsung SFT 2024 akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

https://kumparan.com/kumparantech/jadilah-ai-inovator-masa-depan-begini-tipsnya-22oFVNvmWb3

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations