iPhone 15 Dirilis: Akhirnya Pakai USB-C, Ada Versi Pro dan Pro Max
iPhone 15 Series sudah rilis, akhirnya pakai port USB Type-C. Yay or nay? #kumparanTECH
Tampilan baru Notch di Phone 14 Pro dan iPhone Pro Max. Foto: Dok. Apple
Tampilan baru Notch di Phone 14 Pro dan iPhone Pro Max. Foto: Dok. Apple

Apple menggelar event bertajuk 'Wonderlust' di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, AS. Di acara ini Apple merilis smartphone barunya yakni iPhone 15 Series.

Ada penampakan berbeda di iPhone 15 Series. Seri kali ini tak lagi menggunakan port lightning khas Apple. Ia hadir dengan port USB Type-C untuk seluruh pasar global. Apple mengikuti regulasi Uni Eropa yang mengharuskan seluruh iPhone baru menggunakan port USB Type-C.

Uni Eropa mengesahkan regulasi baru pada Oktober 2022 lalu. Regulasi ini mewajibkan semua perusahaan teknologi, termasuk Apple, untuk menggunakan USB-C di gadget buatannya yang dijual di pasar Eropa.

Aturan ini membuat pengguna harus memakai kabel original, atau yang tersertifikasi Apple MFI. Ini karena Port USB Type-C di iPhone baru akan dibenamkan chip autentikator. Chip ini nantinya akan mendeteksi colokan yang masuk apakah resmi buatan Apple atau tidak.

Ilustrasi colokan Type-C di iPhone. Foto: Jaromond/Shutterstock
Ilustrasi colokan Type-C di iPhone. Foto: Jaromond/Shutterstock

Selain USB Type-C, iPhone 15 juga muncul varian Pro dan seri Pro Max tetap dipertahankan. Kedua model ini memiliki spek storage minimal 256 GB. Ukuran memori ini lebih besar dari spek minimum iPhone 14 Pro Max yakni 128 GB.

iPhone 15 Pro dan iPhone Pro Max menggunakan bodi titanium, bukan stainless steel. Ini menjadi alasan kenapa harganya lebih mahal. Titanium dikenal lebih kuat dan lebih ringan, namun berkali lipat lebih mahal dari stainless steel.

Di seri ini, Apple masih mengadopsi desain flat frame seperti iPhone 14 series. Berbeda dari rumor sebelumnya yang dikabarkan menggunakan frame lebih bulat seperti iPhone X.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Foto: Apple
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Foto: Apple

iPhone 15 series masih menggunakan chipset A16 Bionic. Ini merupakan chip yang sama dengan seri iPhone 14.

Apple menggunakan chip ultrawide-band (UWB) 'U2', menggantikan U1 yang pertama kali dipakai di iPhone 11 Pro pada 2019 lalu. Komponen ini diprediksi dapat meningkatkan kemampuan lokasi di iPhone 15 Pro, termasuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, sehingga pelacakan di aplikasi Find My makin presisi.

Pembaruan yang paling menarik adalah tidak adanya tombol mute di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang sudah ada sejak iPhone pertama debut pada 2007 silam. Sebagai gantinya, Apple akan pasang 'Action Button' yang bisa dikustomisasi untuk berbagai fungsi, seperti mengaktifkan silent mode atau focus mode, menyalakan lampu flash, mulai merekam suara, hingga membuka Siri.

https://kumparan.com/kumparantech/iphone-15-dirilis-akhirnya-pakai-usb-c-ada-versi-pro-dan-pro-max-21AooKHzImt

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations