Indonesia Tegas Tak Akan Bayar USD 8 Juta untuk 'Tebus' Serangan Server PDN
Indonesia Tegas Tak Akan Bayar USD 8 Juta untuk 'Tebus' Serangan Server PDN #newsupdate #update #news #text
Kepala BSSN Letjen Purn Hinsa Siburian di gedung Kominfo memberi penjelasan pers tentang update serangan siber pada server PDN, Senin (24/6/2024). Foto: KemkominfoTV
Kepala BSSN Letjen Purn Hinsa Siburian di gedung Kominfo memberi penjelasan pers tentang update serangan siber pada server PDN, Senin (24/6/2024). Foto: KemkominfoTV

Server PDN (Pusat Data Nasional) lumpuh atau down sejak Kamis (20/6) karena serangan Brain Cipher Ransomware. Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian, menegaskan pihaknya tak akan membayarkan uang tebusan yang diminta oleh pelaku yang memasang ransomware tersebut.

"Ya logika berpikirnya [soal bakal bayar tebusan atau tidak], enggaklah," kata Hinsa usai konferensi pers di Kominfo. Senin (24/6).

"Enggak, enggak [akan bayar]," tegasnya lagi.

Dalam konferensi pers tersebut, Direktur Network dan IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko, menyebut dari hasil penelusuran pihaknya berhasil 'berkomunikasi' dengan pemasang ransomware itu. Mereka meminta uang tebusan dalam bentuk dolar AS.

Kepala BSSN  Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian memberikan keterangan pers tentang serangan siber yang menimpa Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) di kantor Kemenkominfo Jakarta, Senin (24/6/2024). Foto: KominfoTV
Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian memberikan keterangan pers tentang serangan siber yang menimpa Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) di kantor Kemenkominfo Jakarta, Senin (24/6/2024). Foto: KominfoTV

"Jadi memang di dark web itu kita ada jalan ke sana itu ya kita ikuti dan mereka minta tebusan ada USD 8 juta," tutur Herlan.

Ransomware adalah virus atau malware (perangkat jahat) yang dirancang untuk merusak akses sistem komputer atau data, dan biasanya digunakan untuk memeras. Jika tebusan sudah dibayarkan, penyebar ransomware akan mengembalikan data yang dirusak atau dienkripsi.

Total ada sekitar 210 instansi di pusat maupun daerah yang terdampak serangan ini. Namun sudah ada beberapa yang berhasil melakukan migrasi data dan memulihkan layanannya, di antaranya adalah Imigrasi, layanan perizinan event milik Kemenko Marves, hingga server milik Kota Kediri.

https://kumparan.com/kumparannews/indonesia-tegas-tak-akan-bayar-usd-8-juta-untuk-tebus-serangan-server-pdn-2300J61Y7Zr

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations