Indonesia Jadi Negara Setir Kanan Pertama yang Dapat Chery Omoda 5 EV
Indonesia jadi negara setir kanan pertama yang dapat mobil listrik Chery Omoda 5 EV. #kumparanOTO
Chery Omoda 5 Listrik. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Chery Omoda 5 Listrik. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) Qu Jizong memastikan, Indonesia merupakan negara perdana yang akan mencicipi mobil listrik Chery Omoda 5 EV.

“Januari tahun depan kita akan meluncurkan Omoda 5 EV di Indonesia dan sekaligus menjadi negara setir kanan pertama yang mendapatkannya,” ujar Jizong di Jakarta (1/9/2023).

Sebagai perkenalan, pabrikan telah memajang Omoda 5 EV di helatan GIIAS 2023 lalu. Calon mobil listrik Chery di dalam negeri itu diklaim mendapat respons positif dengan jumlah peminat mencapai ratusan orang.

“Di GIIAS kita sudah display tadinya mau kenalan doang ya akhirnya kita take SPK Rp 10 juta tanpa harga orang-orang mau keluarin duit dapet seratus kan, dapet Rp 100 triliun,” timpal Vice President PT CSI, Harry Kamora.

Chery Omoda 5 listrik di GIIAS 2023. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Chery Omoda 5 listrik di GIIAS 2023. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Kebijakan tersebut sejalan dengan misi jenama asal China tersebut untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi model-model setir kanan, yang selanjutnya diproyeksikan menyasar pasar ekspor.

“Betul, nanti kita siapkan base setir kanan dari Indonesia itu pasti. Kita petakan (tujuan ekspor) dari Australia hingga New Zealand, Asia Tenggara, Afrika Selatan atau Inggris,” terang Kamora.

Harry melanjutkan, nantinya unit yang dijual sudah merupakan rakitan lokal. Adapun, pihaknya akan mengejar nilai TKDN minimal 40 persen, sesuai dengan permintaan dari pemerintah.

“Targetnya pemerintah tahun 2026 itu harus kita kejar (TKDN), yang bisa kita buat di sini kita buat di sini. Sementara masih pakai (pabrik) Handal Indonesia Motor, kan tiga tahun kontraknya,” jelasnya.

Chery Omoda 5 listrik di GIIAS 2023. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Chery Omoda 5 listrik di GIIAS 2023. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Menyoal informasi Chery turut membuka pabrik lain di negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Harry menegaskan bahwa Indonesia tetap menjadi prioritas utama dan sesuai dengan rencana awal.

“Malaysia buat just for Malaysian, kan di sana ada ketentuannya kenapa Chery harus buka (pabrik) dan di sana enggak sendiri, mereka ada join,” tandasnya.

Chery Omoda 5 listrik baru saja diperkenalkan di China tahun ini, ia punya spesifikasi teknis yang menjanjikan daya tempuh hingga 450 kilometer.

“Menggunakan teknologi fast charging hanya memakan waktu 35 menit untuk mengisinya hingga 85 persen. Jadi mulai hari ini, silakan pesan masa depan Anda,” kata Assistant President PT Chery Sales Indonesia, Zheng Suo beberapa waktu lalu.

***

https://kumparan.com/kumparanoto/indonesia-jadi-negara-setir-kanan-pertama-yang-dapat-chery-omoda-5-ev-2173N9Vk8a6

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations