Head Unit BYD Atto 3 Tak Bisa Diganti Pakai Produk Aftermarket
Punya BYD Atto 3 tak bisa ganti layar head unit, ada beberapa konsekuensi yang harus ditanggung.
Layout interior BYD Atto 3. Foto: Dok. Istimewa
Layout interior BYD Atto 3. Foto: Dok. Istimewa

Salah satu daya tarik mobil listrik BYD Atto 3 adalah layar head unit 15,6 inci yang jadi pusat pengaturan kendaraan, sekaligus media operasi hiburan hingga navigasi.

Boleh dikatakan 'otak' sistemasi mobil, diatur satu-satunya hanya lewat layar tersebut. Kemudian yang menarik, layarnya bisa dirotasi sesuai kebutuhan dan keinginan: diatur vertikal dan horizontal bisa.

Lalu bagaimana ceritanya bagi pemilik mobil yang mau menggantinya dengan produk aftermarket, yang umumnya dilakukan? Apakah bisa?

Test drive BYD Atto 3. Foto: Dok. Istimewa
Test drive BYD Atto 3. Foto: Dok. Istimewa

Head of Product BYD Motor Indonesia Bobby Bharata mengatakan, konsumen tidak bisa asal mengganti layar head unit. Sebab ada beberapa konsekuensi yang harus ditanggung.

"Nggak bisa, kan nggak resmi ya, kalau itu diganti ya menggugurkan garansi," terang Bobby saat berbincang dengan kumparan, Senin (29/1).

Selain garansi, juga terkait dengan sistem operasi kendaraan. Apabila dipaksakan menggunakan head unit di luar bawaan pabrikan, kemungkinan besar fungsi fitur jadi tak bekerja.

"Seperti fungsi ADAS (Advanced Driving Assistant System) terintegrasi semua di dalamnya, lalu terdapat operating system, kalau diganti ya akan memengaruhi kerjanya," lanjut Bobby.

Test drive BYD Atto 3. Foto: Dok. Istimewa
Test drive BYD Atto 3. Foto: Dok. Istimewa

Fungsi di head unit BYD Atto 3

Pada head unit yang memiliki sistem operasi berbasis Android itu, pemilik bisa melakukan semua pengaturan. Tema tampilan bisa diubah selayaknya tablet.

Kemudian pengaturan mobil, aktif atau menonaktifkan kerja ADAS, sistem lampu interior maupun eksterior, AC, pengaturan regenerative braking, hingga informasi umum kendaraan bisa ditampilkan.

Tuas transmisi dan tombol di konsol tengah BYD Atto 3. Foto: Dok. Istimewa
Tuas transmisi dan tombol di konsol tengah BYD Atto 3. Foto: Dok. Istimewa

Navigasi juga dapat dilakukan, kemudian koneksi ke ponsel pintar secara standar juga dapat diaplikasikan. Baik melalui kabel atau menggunakan bluetooth.

"Android Auto sudah bisa bahkan secara wireless, namun untuk Apple CarPlay tetap harus menggunakan kabel," pungkas Bobby.

Tak semua pengaturan dilakukan dengan menyentuh monitor. Menariknya tetap ada tombol fisik di konsol tengah untuk memudahkan pengemudi, salah satunya tombol mode berkendara dan volume.

https://kumparan.com/kumparanoto/head-unit-byd-atto-3-tak-bisa-diganti-pakai-produk-aftermarket-2249I41bA2V

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations