Hal yang Perlu Dilakukan ketika Ada Keragaman dalam Negara agar Menjadi Kuat
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Jika Ada Keragaman dalam Sebuah Negara, Apa yang Perlu Dilakukan agar Negara Itu Menjadi Kuat. Foto; dok. Unsplash/Priscilla Du Preez 🇨🇦
Ilustrasi Jika Ada Keragaman dalam Sebuah Negara, Apa yang Perlu Dilakukan agar Negara Itu Menjadi Kuat. Foto; dok. Unsplash/Priscilla Du Preez 🇨🇦

Jika ada keragaman dalam sebuah negara, apa yang perlu dilakukan agar negara itu menjadi kuat dan tetap bersatu? Adanya keragaman yang dimiliki Indonesia tak serta merta membuat negara besar ini mudah terpecah belah.

Hal tersebut karena setiap warga negara Indonesia mau berupaya untuk memelihara kerukunan dan kekompakan di antara keragaman yang ada. Keragaman di Indonesia dapat terlihat dari berbagai bidang, baik itu keragaman suku maupun bahasa.

Hal yang Perlu Dilakukan ketika Ada Keragaman dalam Negara agar Menjadi Kuat dan Utuh

Ilustrasi Jika Ada Keragaman dalam Sebuah Negara, Apa yang Perlu Dilakukan agar Negara Itu Menjadi Kuat. Foto; dok. Unsplash/Alexis Brown
Ilustrasi Jika Ada Keragaman dalam Sebuah Negara, Apa yang Perlu Dilakukan agar Negara Itu Menjadi Kuat. Foto; dok. Unsplash/Alexis Brown

Dikutip dari dalam buku berjudul Wawasan Nusantara, Sri Widayarti, S.Pd (2020:12), setiap suku bangsa yang ada di Indonesia memiliki perbedaan dan ciri khas baik dalam kebudayaan maupun bahasa daerah. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki keragaman yang tinggi.

Diketahui bahwa di Indonesia setidaknya terdapat 16 rumpun bahasa yang terdiri atas beberapa bahasa daerah. Adanya keragaman yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh faktor geografis Indonesia yang terdiri atas kepulauan.

Di samping itu, terdapat beberapa faktor pendukung adanya keragaman budaya dan bahasa di Indonesia, antara lain:

  • Perbedaan pengaruh kebudayaan asing yang masuk dalam wilayah tertentu

  • Perbedaan kondisi iklim satu wilayah dengan wilayah lainnya di Indonesia

  • Faktor dan kondisi alam yang berbeda di setiap wilayah di Indonesia

  • Perbedaan latar sejarah yang terjadi di setiap daerah di Indonesia

Adanya keragaman yang sangat tinggi di Indonesia dianggap sebagai kekayaan yang tak dimiliki negara lain. Jika ada keragaman dalam sebuah negara, apa yang perlu dilakukan agar negara itu menjadi kuat dan tetap bersatu?

Jika terdapat keragaman yang terjadi dalam sebuah negara, yang perlu dilakukan agar negara itu menjadi kuat dan tetap utuh adalah kolaborasi. Hal ini berarti setiap lapisan warga negara Indonesia perlu ikut andil dan berpartisipasi untuk dapat ikut memelihara keragaman suku, agama, bahasa dan budaya yang terjadi di Indonesia.

Keberagaman dalam suatu negara dapat dijadikan sebagai kekuatan untuk membuat negara unggul dan kuat, bukan menjadi alasan suatu negara menjadi rapuh dan mudah berkonflik antar warga negara.

Baca juga: Mengenal Keragaman Suku Bangsa di Negara Indonesia

Sekian ulasan tentang jika ada keragaman dalam sebuah negara, apa yang perlu dilakukan agar negara itu menjadi kuat dan tetap bersatu. Semoga bermanfaat untuk memperluas wawasan. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/hal-yang-perlu-dilakukan-ketika-ada-keragaman-dalam-negara-agar-menjadi-kuat-22qp5X429SL

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations