Grup Djarum, Blibli (BELI), Akuisisi Dekoruma Nilai Transaksi Capai Rp 1,16 T
Salah satu anak usaha Grup Djarum, PT Global Digital Niaga (BELI) atau Blibli mengakuisisi PT Dekoruma Inovasi Lestari (DIL), nilanya mencapai Rp 1,16 triliun. #bisnisupdate #update #Bisnis #text
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), PT PT Global Digital Niaga Tbk (Perseroan, BELI), induk usaha dari e-commerce Blibli. Foto: Dok. Blibli
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), PT PT Global Digital Niaga Tbk (Perseroan, BELI), induk usaha dari e-commerce Blibli. Foto: Dok. Blibli

Salah satu anak usaha Grup Djarum, PT Global Digital Niaga (BELI) atau Blibli mengakuisisi PT Dekoruma Inovasi Lestari (DIL) dengan membeli 26.167 lembar saham seri C yang mewakili 99,83 persen kepemilikan saham. Total transaksi akuisisi tersebut senilai Rp 1,16 triliun.

Blibli telah menandatangani aksi jual beli dengan perseroan sebagai pembeli dan Dekoruma Pte Ltd (DPL) menjadi penjual.

Transaksi tersebut dilakukan pada 20 Juni 2024. Perseroan berharap akuisisi dapat memberi dorongan atau stimulus bagi bisnis Blibli khususnya produk home and living. Sehingga Blibli bersama dengan Dekoruma menjadi perusahaan terintegrasi di bidang perdagangan, baik secara daring maupun luring.

Manajemen Blibli melihat dengan dilaksanakan transaksi ini dengan pihak terafiliasi yaitu salah satu seorang Direktur yang sama antara Blibli dan DPL yaitu Andy Untono, perseroan punya peluang lebih besar untuk memahami potensi dan kewajiban yang mungkin timbul di masa depan.

Dekoruma Experience Center Bali. Foto: Dok. Dekoruma
Dekoruma Experience Center Bali. Foto: Dok. Dekoruma

“Setelah penyelesaian transaksi, perseroan berencana untuk mengembangkan jalur perdagangan daring (online) dan luring (offline) PT DIL,” kata manajemen Blibli dalam keterbukaan informasi BEI, dikutip Senin (24/6).

Blibli juga punya peluang untuk pengelolaan risiko yang lebih efektif dan pengambilan keputusan yang lebih terinformasi dalam transaksi tersebut, dibandingkan melaksanakan transaksi dengan pihak ketiga lain yang tidak terafiliasi dengan Perseroan.

“Proses penyatuan pandangan visi dan misi yang sama antara Perseroan dan PT DIL dapat dilaksanakan secara efektif. Sehingga dapat mendorong optimalisasi sinergi bisnis yang lebih baik,” lanjutnya.

Blibli sebagai entitas yang telah lama beroperasi dalam perdagangan, baik secara daring maupun konvensional, bermaksud untuk mengintegrasikan jalur perdagangan daring dan luring guna menciptakan sinergi yang optimal di antara keduanya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/grup-djarum-blibli-beli-akuisisi-dekoruma-nilai-transaksi-capai-rp-1-16-t-22zvAqfSGoy

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations