Fungsi Ukuran Baku saat Melakukan Pengukuran
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi fungsi ukuran baku, sumber foto: unsplash.com/Markus Spiske
Ilustrasi fungsi ukuran baku, sumber foto: unsplash.com/Markus Spiske

Dalam ilmu pengetahuan ada banyak satuan ukuran yang diakui dan digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Satuan ukuran tersebut dinamakan ukuran baku. Sayangnya siswa terkadang masih belum mengetahui fungsi ukuran baku.

Sebenarnya salah satu fungsi utama dari besaran dan satuan baku adalah untuk memudahkan dalam melakukan komunikasi secara ilmiah. Selain itu juga untuk menghasilkan nilai yang sama walaupun diukur atau digunakan ditempat berbeda.

3 Fungsi Ukuran Baku

Ilustrasi fungsi ukuran baku, sumber foto: unsplash.com/Brett Jordan
Ilustrasi fungsi ukuran baku, sumber foto: unsplash.com/Brett Jordan

Dikutip dari buku Explore Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII karya Sadiman dkk., (Penerbit Duta) pengertian pengukuran adalah kegiatan membandingkan ukuran suatu benda dengan benda lain yang sudah memiliki ukuran yaitu alat ukur.

Pengukuran dapat dibedakan menjadi pengukuran baku dan pengukuran tidak baku. Perbedaan tersebut didasarkan pada alat ukur dan satuan yang digunakan. Lalu apa fungsi ukuran baku pada saat melakukan pengukuran?

Mari mulai menjawab pertanyaan tersebut dengan memahami ukuran baku terlebih dahulu. Ukuran baku sendiri dapat diartikan sebagai satuan pengukuran yang disepakati secara internasional untuk mengukur besaran fisik tertentu, seperti panjang dan massa.

Setelah memahami apa itu ukuran baku, mari melihat apa saja fungsi ukuran baku pada saat melakukan pengukuran berikut ini.

1. Menyederhanakan Komunikasi

Fungsi pertama dari ukuran baku saat melakukan pengukuran adalah menyederhanakan komunikasi dan kerjasama antara berbagai pihak yang terlibat dalam suatu kegiatan yang membutuhkan pengukuran.

Dengan menggunakan ukuran baku, tidak perlu ada perbedaan atau kesalahpahaman mengenai nilai atau kualitas suatu objek atau fenomena yang diukur.

2. Membuat Hasil Pengukuran Konsisten

Fungsi kedua dari ukuran baku adalah menjamin keakuratan dan konsistensi hasil pengukuran. Ukuran baku memiliki definisi yang jelas dan tidak berubah-ubah.

Sehingga dapat diandalkan sebagai acuan untuk melakukan pengukuran yang tepat dan sama dari waktu ke waktu.

3. Memudahkan Perbandingan

Fungsi lainnya adalah memudahkan perbandingan dan konversi antara berbagai besaran fisik yang berbeda.

Ukuran baku memiliki hubungan yang teratur dan sistematis dengan ukuran lainnya, sehingga dapat digunakan untuk menghitung atau mengubah nilai suatu besaran ke besaran lainnya dengan mudah dan cepat.

Baca juga: 13 Fungsi Alat-Alat Laboratorium IPA

Itulah beberapa fungsi ukuran baku dalam ilmu pengetahuan. Dengan menggunakan ukuran baku, seseorang dapat melakukan pengukuran dengan lebih mudah, akurat, dan efisien. (WWN)

https://kumparan.com/berita-terkini/fungsi-ukuran-baku-saat-melakukan-pengukuran-2147Q029qzF

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations