Fungsi Sarana Persembahyangan bagi Umat Hindu
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Fungsi Sarana Persembahyangan, sumber: unsplash/RubenHutabarat
Ilustrasi Fungsi Sarana Persembahyangan, sumber: unsplash/RubenHutabarat

Fungsi sarana persembahyangan perlu dipahami agar dapat beribadah dengan penuh khikmat. Sarana persembahyangan mempunyai peran penting dalam pelaksanaan ibadah umat Hindu.

Sarana ini berupa tempat-tempat suci yang berfungsi sebagai tempat melakukan persembahan dan menyampaikan penghormatan kepada dewa dewi dalam ritual keagamaan.

Fungsi Sarana Persembahyangan

Ilustrasi Fungsi Sarana Persembahyangan, sumber: unsplash/NickFewings
Ilustrasi Fungsi Sarana Persembahyangan, sumber: unsplash/NickFewings

Mengutip buku Ensiklopedi Upakara: Edisi Lengkap, I Nyoman Jati & Ni Komang Sutriyanti (2021), sarana persembahyangan berupa isi alam semesta yang mencakup bunga, buah-buahan, dan hasil bumi lainnya. Adapun fungsi sarana persembahyangan bagi umat Hindu yakni sebagai berikut:

1. Simbol Keseimbangan Alam Semesta

Bunga, buah-buahan, dan hasil bumi lainnya yang digunakan dalam persembahyangan menggambarkan kekayaan alam semesta. Penggunaan beragam elemen tersebut menekankan adanya keselarasan dan kesatuan antara manusia dengan alam.

Hal ini mencerminkan konsep Hindu "Vasudhaiva Kutumbakam". Makna dari konsep tersebut adalah "Seluruh dunia adalah satu keluarga."

2. Simbol Kehidupan dan Pembaruan

Sarana persembahyangan melambangkan siklus kehidupan. Mereka diciptakan sebagai bentuk simbolisme tentang kelahiran, pertumbuhan, dan siklus alam yang terus berputar. Hal ini turut melibatkan kesuburan dan pembaruan yang diharapkan berlangsung dalam kehidupan.

3. Simbol Cinta dan Pengabdian

Pemberian bunga dan hasil bumi untuk persembahan merupakan bentuk cinta dan pengabdian kepada Tuhan. Dalam kepercayaan umat Hindu, sarana persembahyangan harus berasal dari bahan-bahan terbaik dari alam semesta sebagai bentuk ekspresi penghormatan yang tertinggi.

4. Bentuk Rasa Syukur

Fungsi sarana persembahyangan yang berikutnya adalah sebagai cara untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas alam semesta yang telah dianugerahkan. Hal ini sekaligus menjadi ungkapan terima kasih atas pemberian-Nya yang membuat kehidupan dapat berjalan seimbang.

5. Pembersihan dan Kesucian

Bunga sebagai sarana persembahyangan umumnya digunakan dalam ritual karena dianggap suci dan murni. Aroma dan keindahannya dipercaya mampu membersihkan serta meningkatkan kesucian. Dengan begitu, maka umat Hindu dapat semakin mendekatkan diri pada Ilahi.

6. Membangun Koneksi Spiritual

Fungsi sarana persembahyangan yang berikutnya membantu membangun koneksi spiritual antara umat Hindu dengan Tuhan. Hal ini menciptakan kesadaran tentang hadirnya Sang Ilahi dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca juga: Pokok-Pokok Ajaran Jyotisa untuk Umat Hindu

Fungsi sarana persembahyangan bagi umat Hindu bukan hanya sekadar ritual, melainkan juga wujud manifestasi dari keyakinan dan ungkapan syukur atas kelimpahan yang telah Tuhan ciptakan.(DLA)

https://kumparan.com/berita-terkini/fungsi-sarana-persembahyangan-bagi-umat-hindu-21nG8V3WviF

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations