Fungsi Ganda dari Embalase dan Bagian-bagiannya pada Kemasan
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Apa Fungsi Ganda dari Embalase, Sumber: Unsplash/Gaining Visuals
Ilustrasi Apa Fungsi Ganda dari Embalase, Sumber: Unsplash/Gaining Visuals

Embalase sering ditemukan dalam kemasan produk. Hal inipun penting bagi produk tersebut karena mempunyai fungsi ganda. Lantas, apa fungsi ganda dari embalase?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pengertian embalase harus dipahami terlebih dahulu. Dengan demikian, fungsi embalase bisa dimengerti dengan lebih mudah. Begitu pula dengan bagian-bagian dari embalase yang juga bisa dipahami jika mengetahui artinya.

Fungsi Ganda dari Embalase

Ilustrasi Apa Fungsi Ganda dari Embalase, Sumber: Unsplash/Denny Muller
Ilustrasi Apa Fungsi Ganda dari Embalase, Sumber: Unsplash/Denny Muller

Mengutip buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 6 Semester 1, Desi Damayanti dkk (2021: 171), embalase adalah jenis reklame visual yang terdapat pada kemasan atau pembungkus hasil produk yang diperdagangkan.

Lalu, apa fungsi ganda dari embalase? Berikut penjelasannya.

1. Pembungkus

Sejatinya fungsi embalase dengan pengertian embalase yang telah disinggung sebelumnya. Misalnya adalah pembungkus suatu produk. Hal ini disebabkan oleh letak embalase yang berada di luar produk itu sendiri.

2. Daya Tarik

Fungsi lain dari embalase adalah sebagai daya tarik. Hal ini seperti yang dinyatakan oleh Desi Damayanti dkk dalam buku yang sama seperti di atas (2021: 71), bahwa embalase biasanya berisi gambar serta tulisan yang dibuat menarik. Gambar tersebut berupa produk yang dikemas.

Masih dalam halaman tersebut dijelaskan bahwa tulisan embalase biasanya berisi identitas produk, tagline, dan informasi tentang produk tersebut.

Jadi, embalase bisa membuat menarik perhatian serta memuat informasi tentang suatu produk yang bisa membuat konsumen semakin tertarik untuk membelinya.

Baca juga: Tujuan Seseorang atau Perusahaan Memasang Reklame

Bagian-Bagian Embalase

Ilustrasi Apa Fungsi Ganda dari Embalase, Sumber: Unsplash/Nico Smit
Ilustrasi Apa Fungsi Ganda dari Embalase, Sumber: Unsplash/Nico Smit

Secara garis besar, embalase terdiri atas dua bagian, yakni depan serta belakang. Inilah penjelasan selengkapnya mengenai dua bagian embalase tersebut.

1. Depan

Umumnya bagian depan embalase berisi gambar serta nama dari produk yang dibungkus. Ada juga yang mencantumkan sedikit keterangan berupa satu frasa atau kalimat tentang produk tersebut.

2. Belakang

Di sinilah berbagai informasi produk yang lebih detail termuat. Contoh informasi tersebut adalah nilai gizi, komposisi, cara menggunakan, tanggal kadaluwarsa, dan hal-hal lain sesuai dari produk tersebut.

Jadi, fungsi ganda dari embalase adalah sebagai pembungkus suatu produk dan daya tarik agar konsumen mau membelinya. Embalase terdiri dari dua bagian, yaitu depan dan belakang yang memuat informasi berbeda. (LOV)

https://kumparan.com/berita-terkini/fungsi-ganda-dari-embalase-dan-bagian-bagiannya-pada-kemasan-21dNQG7TCO0

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations