Dukung UMKM Berdaya, Shopee Live Jadi Fitur Favorit Pelaku Usaha Lokal
Shopee juga menjadi marketplace di urutan pertama yang paling memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para online seller dengan perolehan suara sebanyak 59 persen.
Ilustrasi belanja online di e-commerce. Foto: Shutterstock
Ilustrasi belanja online di e-commerce. Foto: Shutterstock

Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia sangat krusial. Dianggap demikian lantaran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dinilai memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pertumbuhan ekonomi negara.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) pada bulan Oktober 2022 lalu, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 60,5 persen.

UMKM bahkan juga turut berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia hingga mencapai 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi, UMKM pun perlu didukung keberadaannya agar bisa bertahan dan mendorong potensi bisnisnya. Karenanya, banyak e-commerce yang menghadirkan fitur yang membantu penjual lokal dan UMKM dalam mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan, serta merasakan manfaat yang maksimal.

Meski begitu, perlombaan para e-commerce untuk menghadirkan inovasi terbaik antar pemain semakin sengit. Namun Shopee tetap mendominasi e-commerce favorit masyarakat. Hal itu, terlihat dari hasil riset yang dilakukan oleh IPSOS bertajuk Understanding The Potentiality In E-commerce Seller pada bulan Maret 2023.

Berdasarkan riset tersebut, Shopee terpilih sebagai marketplace yang paling memberikan omzet terbesar bagi bisnis para online seller dengan perolehan suara 65 persen, disusul Tokopedia (16 persen), TikTok Shop (9 persen), serta Lazada (6 persen).

Riset juga menunjukkan bahwa Shopee juga menjadi marketplace di urutan pertama yang paling memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para online seller dengan perolehan suara sebanyak 59 persen, disusulTokopedia (20 persen), TikTok Shop (8 persen), dan Lazada (7 persen).

Pada indikator Top Of Mind (TOM), Shopee menempati urutan pertama di benak online seller dengan perolehan suara sebanyak 67 persen. Disusul Tokopedia (16 persen), TikTok Shop (6 persen), serta Lazada (6 persen).

Berdasarkan indikator Brand Used Most Often (BUMO), Shopee juga menjadi platform marketplace yang paling sering digunakan oleh mayoritas online seller dengan perolehan suara 80 persen, disusul oleh Tokopedia (10 persen), TikTok Shop (6 persen), dan Lazada (3 persen).

Selain itu,riset IPSOS juga menggunakan pendekatan Loyalty Ratio, diketahui performa Shopee dinilai sangat baik dengan persentase 84 persen, diikuti oleh Tokopedia (14 persen), TikTok Shop (10 persen), dan Lazada (6 persen).

Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan secara online, para pelaku usaha lokal dan UMKM bermunculan untuk menjawab tingginya animo tersebut dengan mengandalkan e-commerce.

Hal ini menunjukkan digitalisasi telah mengubah cara UMKM beroperasi dan berinteraksi dengan konsumen. Dengan akses ke teknologi digital, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperoleh akses ke berbagai sumber pendanaan. Salah satu tren digital yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM adalah berjualan melalui live streaming.

Shopee Live Jadi Pilihan UMKM untuk Berjualan

Tren pemasaran daring secara langsung atau live streaming sales pada platform marketplace tengah jadi gaya penjualan baru yang diminati. Fenomena ini akhirnya melahirkan peluang baru, menghasilkan cuan yang lebih cepat dibanding hanya mengandalkan tampilan foto.

Hal ini akhirnya mendorong para e-commerce menghadirkan fitur layanan live streaming seperti Shopee Live, Tokopedia Play, dan LazLive.

Memanfaatkan teknologi dan fitur live streaming di e-commerce menghadirkan banyak peluang bagi UMKM untuk meningkatkan visibilitas, menjangkau konsumen yang lebih banyak, dan akhirnya meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis. Tentu kemudahan ini tidak hanya membantu UMKM untuk bertahan, tetapi juga memberikan peluang untuk inovasi dan kolaborasi guna mendorong pertumbuhan bisnisnya.

Berdasarkan riset Populix bertajuk Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesian pada Juni lalu, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan perolehan suara 69 persen

Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee Live juga menunjukan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi.

Pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee Live berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56 persen) dalam 6 bulan terakhir. Sedangkan pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee Live menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan nilai transaksi terbesar, yaitu 54 persen

Hal ini menunjukkan Shopee Live tidak hanya memberikan interaksi secara proaktif dan membangun kepercayaan, sesi live stream yang dihadirkan dapat menjadi ruang bagi penjual untuk lebih dekat dengan pembeli dan mendapatkan keuntungan secara langsung yang lebih maksimal.

Fitur live streaming dari platform belanja e-commerce seperti Shopee Live ini juga dinlai responden lebih cocok untuk para penjual lokal dan UMKM yang ingin memaksimalkan penjualannya. Pasalnya, Shopee dapat menghadirkan promo yang lebih banyak dan traffic yang memang sudah ada rencana dan niat belanja dari awal.

Keunggulan dari Shopee Live mendapatkan respon luar biasa dari seluruh pengguna khususnya pada kampanye 9.9 kemarin. Fitur ini memberikan dukungan nyata pada peningkatan penjualan harian para pelaku usaha lokal dan UMKM yang bergabung di Shopee Live.

Salah satu contoh brand lokal yang menarik perhatian karena sukses mengoptimalkan peluang yang diberikan adalah brand lokal kecantikan BHUMI yang berhasil meningkatkan transaksi penjualan di sepanjang kampanye 9.9 mencapai 27 kali lipat berkat fitur interaktif serta promo eksklusif yang tersedia di Shopee Live.

Selain itu, brand lokal fashion pria Geoff Max yang juga menjadikan Shopee Live sebagai salah satu strategi bisnisnya di tahun ini. Sepanjang kampanye 9.9, Geoff Max berhasil mencatat peningkatan transaksi di Shopee Live hingga 130 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. Pencapaian yang serupa juga dirasakan oleh brand lokal Tally yang berhasil mencetak peningkatan omzet hingga 75x lipat di Shopee Live. Hal ini semakin menunjukan, keputusan para pelaku usaha lokal untuk mengadopsi fitur Shopee Live sebagai salah satu strategi pemasaran merupakan langkah yang tepat.

Keunggulan dari Shopee Live yang masih mendominasi ternyata disambut baik oleh para penjual lokal dan UMKM. Kemudahan, kelengkapan dan keuntungan yang dirasakan dari fitur live streaming ini memberikan dampak positif nyata pada perkembangan UMKM dalam negeri.

Dengan strategi yang tepat dan dukungan yang memadai dari Shopee melalui fitur Shopee Live, UMKM di Indonesia dapat memanfaatkan peluang ini untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Artikel ini dibuat oleh kumparan Studio

https://kumparan.com/kumparanbisnis/dukung-umkm-berdaya-shopee-live-jadi-fitur-favorit-pelaku-usaha-lokal-21Ft3u0eZ3O

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations