Diimpor dari Spanyol, Mobil Listrik Citroen E-C4 Dijual Spot Order
Selain Citroen E-C3, sebenarnya ada juga mobil listrik lain dari jenama asal Prancis, yakni Citroen E-C4. Model ini sempat dipamerkan pabrikan saat awal pengenalan brand ini di Indonesia. #kumparanOTO
Mobil listrik Citroen e-C4. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Mobil listrik Citroen e-C4. Foto: Fitra Andrianto/kumparan

Selain Citroen E-C3, sebenarnya ada juga mobil listrik lain dari jenama asal Prancis, yakni Citroen E-C4. Model ini sempat dipamerkan pabrikan saat awal pengenalan brand ini di Indonesia.

Tan Kim Piauw, CEO PT Indomobil National Distributor sebagai agen pemegang merek Citroen menuturkan bahwa Citroen E-C4 tidak dijual secara reguler.

Dirinya mengatakan, saat dikalkulasi harga mobil listrik ini terbilang tinggi. Ini karena statusnya diimpor secara utuh atau CBU dari Spanyol. Selain biaya importasi yang membengkak, juga pengenaan pajak tinggi.

“Kalau dari Eropa itu pajak impornya 50 persen, pajak luxury 15 persen di luar tax yang lain-lain misal PPn. Jadi 50 tambah 15 saja sudah 65 persen, jadi itu memang terlalu tinggi ya,” ungkap Tan Kim Piauw di sela-sela acara test drive Citroen E-C3 di kawasan Puncak, Selasa (2/7).

“Ini enggak jadi fokus target market kita. Kami memang enggak pasarkan, tapi kalau ada konsumen yang mau beli (spot order) kami bisa datangkan,” pungkas Tan Kim Piauw

Soal harga, banderolnya mencapai Rp 1,18 miliar on the road (OTR) Jakarta. Bandingkan dengan Citroen E-C3 yang saat ini diimpor langsung dari India dan dijual senilai Rp 377 juta.

Interior mobil listrik Citroen e-C4. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Interior mobil listrik Citroen e-C4. Foto: Fitra Andrianto/kumparan

“Sebenarnya yang tanya mobil E-C4 ini ada, tapi setelah dengar harga bisa segitu mungkin pikir-pikir. Kami bilang stok kita juga enggak ready. Karena kami memang nggak fokus ke situ,” paparnya.

Bila berminat maka dibutuhkan waktu paling cepat sekitar 3 bulan, untuk menunggu pengiriman unit hingga penyelesaian terkait administrasi ketika sampai di Indonesia.

Soal spesifikasi, Citroen E-C4 ini menggunakan motor listrik bertenaga 136 dk dan torsi 260 Nm, yang bikin mobil listrik ini punya top speed 150 km/jam.

Mobil listrik Citroen e-C4. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Mobil listrik Citroen e-C4. Foto: Fitra Andrianto/kumparan

Pengisian dayanya, butuh waktu 7,5 jam untuk mengisi 0-100 persen, menggunakan AC charging tipe 7,4 kW. Sementara dengan DC charging CCS-2 100 kW hanya butuh waktu 30 menit untuk sampai ke 80 persen. Sekali di cas mobil ini mampu menempuh jarak 360 kilometer.

Terkait fitur keselamatan, Citroen E-C4 sudah dilengkapi dengan Driver Attention Alert, Lane Keeping Assist, Lane Departure detection, Forward Collision Warning, Advanced Active Safety Brake with cyclist detection, Post Collision Safety Brake, Extended Traffic Sign Recognition, High Beam Assist, dan Active Blind Spot Detection.

https://kumparan.com/kumparanoto/diimpor-dari-spanyol-mobil-listrik-citroen-e-c4-dijual-spot-order-233YIIYXnnb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations