Dave Laksono: HP Saja Minta Backup, Kok Pemerintah Enggak Punya?
Dave Laksono: HP Saja Minta Backup, Kok Pemerintah Enggak Punya? #newsupdate #update #news #text
Ketua DPP Partai Golkar, Dave Akbarshah F Laksono. Foto: Faiz Zulfikar/kumparan
Ketua DPP Partai Golkar, Dave Akbarshah F Laksono. Foto: Faiz Zulfikar/kumparan

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Dave Laksono, menyinggung tidak adanya sistem backup data di pusat data nasional (PDN) yang belakangan diserang ransomware. Padahal, menurut Dave, ponsel pribadi saja punya fitur semacam itu.

"Itu hal simpel yang bodoh saja. Handphone kita ini setiap beberapa waktu minta di-update, minta di-backup datanya di cloud kita. Kok pemerintah dengan jumlah triliunan tera, enggak ada backup datanya. Itu yang jadi pertanyaan kita semua," kata Dave di rapat kerja Komisi I bersama Kominfo dan BSSN di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/6).

Akibatnya, lanjut Dave, sejumlah data di PDN Sementara (PDNS) tidak bisa diakses dan mengganggu beberapa pelayanan publik.

Menjawab hal itu, perwakilan dari Telkom Sigma yang juga hadir dalam rapat tersebut, mengatakan bahwa sistem backup itu harus ada permintaan. Secara teknis, kata dia, sistem backup harus disesuaikan dengan aplikasinya dan harus ditetapkan oleh pemilik aplikasi.

"Jadi ada yang disebut dengan policy backup yang harusnya ditetapkan oleh pemilik aplikasi. Karena setiap sistem, setiap aplikasi memiliki karakteristik datanya yang berbeda-beda, ada yang harus di-backup setiap saat, ada yang di-backup sekali sehari,” tambahnya.

https://kumparan.com/kumparannews/dave-laksono-hp-saja-minta-backup-kok-pemerintah-enggak-punya-231N2tUVu7p

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations