Dampak Alih Fungsi Lahan Pertanian menjadi Pemukiman bagi Produktivitas Pangan
Oleh Berita Terkini
Dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman. Sumber; pexels.om
Dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman. Sumber; pexels.om

Selama beberapa tahun terakhir, semakin banyak lahan pertanian yang beralih fungsi menjadi pemukiman. Hal ini disebabkan karena semakin tingginya angka kepadatan penduduk sehingga kebutuhan lahan pemukiman semakin besar. Adapun dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman, yaitu produktivitas pangan akan menjadi menurun.

Akhirnya, hal inipun akan memberi dampak pada sektor kehidupan masyarakat lainnya. Oleh karena itulah, alih fungsi lahan ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena akan berdampak bagi kehidupan masyarakat dalam jangka panjang.

3 Dampak Alih Fungsi Lahan Pertanian menjadi Pemukiman bagi Produktivitas Pangan

Dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman. Sumber: pexels.com
Dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman. Sumber: pexels.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman, yaitu produktivitas pangan akan menjadi menurun. Dampak ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat berpengaruh pada aspek-aspek lain.

Selain produktivitas pangan yang menurun, berikut adalah beberapa dampak lain dari alih fungsi lahan yang dikutip dari buku Xplore Ulangan Harian SMP/MTS Kelas 8, Tim Foton Edukasi (2020:242).

1. Hilangnya Kesempatan Petani

Adanya alih fungsi pertanian menjadi pemukiman tentu saja akan membuat petani kehilangan kesempatan untuk menggarap lahan secara berkelanjutan. Pada akhirnya, mata pencaharian mereka sebagai petani pun akan hilang.

Bukan hanya itu saja, petani juga kehilangan kesempatan untuk mendapatkan manfaat panen atas hasil pertaniannya. Baik itu untuk keluarga sendiri atau untuk dijual.

2. Investasi Pemerintah di Sektor Pengairan menjadi Tidak Optimal

Dampak selanjutnya adalah investasi pemerintah di sektor pengairan akan menjadi tidak optimal. Sebab, sarana dan prasarana dalam irigasi yang sebelumnya didanai oleh pemerintah menjadi tidak dapat difungsikan secara optimal.

Hal ini terjadi karena sebagian besar sasarannya sudah tidak lagi menjadi lahan pertanian, melainkan menjadi lahan pemukiman.

3. Berkurangnya Ekosistem Sawah

Dampak alih fungsi lahan yang terakhir adalah berkurangnya ekosistem sawah yang disebabkan oleh pembangunan penduduk, industri, pariwisata, hingga pertokoan. Ekosistem sawah yang berkurang akibat alih fungsi lahan ini meliputi komponen biotik dan abiotik.

Baca Juga: Jenis Limbah Pertanian yang Dapat Menjadi Polutan

Dari informasi di atas, bisa disimpulkan bahwa dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman, yaitu produktivitas pangan akan menjadi menurun. Semoga bermanfaat. (Anne)

https://kumparan.com/berita-terkini/dampak-alih-fungsi-lahan-pertanian-menjadi-pemukiman-bagi-produktivitas-pangan-21kreAMLJa9

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations