Cara Menyampaikan Pendapat Saat Bekerja Sama dengan Baik dan Benar
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi untuk Bagaimana Cara Menyampaikan Pendapat Saat Bekerja Sama. Sumber: Unsplash/Antonio Janeski
Ilustrasi untuk Bagaimana Cara Menyampaikan Pendapat Saat Bekerja Sama. Sumber: Unsplash/Antonio Janeski

Bagaimana sebaiknya cara menyampaikan pendapat saat bekerja sama? Ketika bekerja sama, setiap orang yang terlibat di dalamnya bisa saja memiliki pendapat yang berbeda. Hal tersebut wajar, namun harus disampaikan dengan tepat.

Perbedaan pendapat adalah hal yang biasa, tetapi bisa memicu timbulnya perselisihan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, setiap orang harus mengetahui cara berpendapat yang benar.

Bagaimana Cara Menyampaikan Pendapat Saat Bekerja Sama?

Ilustrasi untuk Bagaimana Cara Menyampaikan Pendapat Saat Bekerja Sama. Sumber: Unsplash/Annie Spratt
Ilustrasi untuk Bagaimana Cara Menyampaikan Pendapat Saat Bekerja Sama. Sumber: Unsplash/Annie Spratt

Semua orang bebas untuk menyampaikan pendapatnya. Dikutip dari Pendidikan Kewarganegaraan: Kecakapan Berbangsa dan Bernegara untuk Kelas VIII SMP/MTs, Nurdiaman (2007:92), kemerdekaan mengemukakan pendapat adalah hak setiap warga negara.

Pendapat bisa disampaikan secara lisan, tulisan, atau cara lainnya. Meskipun bebas diutarakan, pendapat wajib disampaikan dengan baik. Bagaimana sebaiknya cara menyampaikan pendapat saat bekerja sama? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Gunakan Sudut Pandang Netral

Ketika bekerja sama, ada beberapa orang dengan pendapat yang bisa saja berlainan. Agar tujuan kerja sama bisa tercapai, pendapat yang ada harus dikemukakan dengan menggunakan sudut pandang netral. Dengan demikian, tidak ada pihak yang merasa tersinggung.

2. Tidak Boleh Memaksa Orang Lain untuk Menyetujui Pendapat

Menyampaikan pendapat adalah hak setiap orang, begitu pula dengan menyetujui pendapat orang lain. Setiap orang bebas untuk setuju atau tidak dengan suatu pendapat. Walaupun merasa pendapat yang disampaikan yang paling benar, tetap saja tidak boleh memaksakan kehendak.

3. Berbicara dengan Bahasa yang Sopan

Cara menyampaikan pendapat selanjutnya adalah selalu gunakan bahasa yang sopan. Pastikan juga untuk menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dengan anggota tim. Hal ini dilakukan agar pendapat didengar orang lain, mudah dipahami, dan tidak ada yang tersinggung.

4. Berpendapat Sesuai dengan Kondisi

Hal yang tidak kalah penting dilakukan adalah utarakan pendapat sesuai dengan kondisi pada saat itu. Menyesuaikan pendapat dengan apa yang sedang dikerjakan akan membuat percakapan lebih fokus dan solusi bisa cepat disepakati.

5. Tidak Menyela Orang Lain

Cara berikutnya adalah pastikan untuk tidak menyela orang lain. Selain tidak sopan, hal ini juga berarti menghalangi orang lain untuk berpendapat. Menyampaikan pendapat harus dilakukan secara bergantian agar semua pendapat yang ada bisa didengarkan.

Baca juga: Urutan Tata Cara Debat yang Baik beserta Fungsinya

Bagaimana sebaiknya cara menyampaikan pendapat saat bekerja sama? Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah berbicara dengan sopan. (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/cara-menyampaikan-pendapat-saat-bekerja-sama-dengan-baik-dan-benar-2253OnFdRTS

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations