Cara Menulis Naskah Pidato yang Baik dan Contohnya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Cara Menulis Naskah Pidato, Foto: Unsplash/DGLimages.
Ilustrasi Cara Menulis Naskah Pidato, Foto: Unsplash/DGLimages.

Membuat teks pidato tidak semudah mengarang sebuah cerita. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya pidato tepat sasaran. Cara menulis naskah pidato yang baik perlu diketahui sebelum membuatnya.

Jika sudah selesai membuat pidato, sebaiknya dilakukan pengecekan supaya enak dibaca dan antara paragrafnya saling berkaitan. Pidato juga harus mudah dimengerti para pendengarnya serta tidak boleh multitafsir atau mengandung pengertian ganda.

Cara Menulis Naskah Pidato yang Baik

Ilustrasi Cara Menulis Naskah Pidato, Foto: Unsplash/DGLimages.
Ilustrasi Cara Menulis Naskah Pidato, Foto: Unsplash/DGLimages.

Dikutip dari buku Cara Mudah Menyusun Naskah Sambutan, Bambang Suharno (2019: 9), pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato yang baik dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang yang mendengarnya.

Untuk dapat berpidato dengan baik, seseorang harus memiliki materi atau naskah pidato yang berkualitas dan memiliki kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik. Berikut adalah cara menulis naskah pidato yang baik dan bisa diikuti.

1. Menentukan Topik

Langkah pertama sebelum menulis naskah adalah menentukan topik yang akan disampaikan. Untuk mempelajari topik perlu melakukan riset terhadap apa yang akan dibawakan. Carilah informasi-informasi terbaru dan kaya data.

2. Menentukan Tujuan Pidato

Dengan menentukan tujuan pidato, seseorang dapat menyampaikan gagasan dan pendapat secara runut. Pesan yang ingin disampaikan ke pendengar pun nantinya dapat diterima dengan baik.

3. Memahami Pendengar

Pidato adalah berbicara kepada khalayak umum. Untuk itu, memahami pendengar adalah hal yang harus dilakukan. Pastikan isi pidato relate dengan kondisi pendengar supaya pesan lebih mudah diterima. Cari tahu siapa pendengarnya, berapa rentang usianya, latar belakangnya, dan lain sebagainya.

4. Menentukan Pokok Argumentasi

Menentukan pokok argumentasi bisa membuat pidato menjadi lebih tersusun dan to the point. Hal yang perlu diingat yaitu harus menyampaikan argumentasi secara logis, jelas, dan dapat dipertanggungjawabkan.

5. Mengembangkan Naskah Pidato

Setelah selesai menyusun poin-poin utama yang hendak disampaikan, kembangkanlah hal tersebut hingga menjadi naskah yang persuasif. Perkuat argumen yang ada, tambahi dengan data terkini. Pastikan apa yang dibicarakan adalah fakta.

Contoh Naskah Pidato

Ilustrasi Cara Menulis Naskah Pidato, Foto: Unsplash/DGLimages.
Ilustrasi Cara Menulis Naskah Pidato, Foto: Unsplash/DGLimages.

Agar lebih paham mengenai cara menulis naskah pidato yang baik, berikut contoh yang bisa digunakan sebagai referensi:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Hadirin yang saya hormati,
Pertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.
Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.
Hadirin yang saya hormati,
Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangat berarti dan akan terus kami kenang. Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan penuh kasih sayang membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.
Di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami yang tercinta ini. Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.
Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Baca Juga: Ketahui Cara Menulis Kuitansi, Lengkap dengan Contohnya

Demikian uraian mengenai cara menulis teks pidato yang baik dan contohnya. Ingat pidato yang disampaikan harus memberikan kesan positif mengenai apa yang ingin disampaikan. (Umi)

https://kumparan.com/berita-terkini/cara-menulis-naskah-pidato-yang-baik-dan-contohnya-21LRqsCFqBZ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations