Bye-bye WordPad, Microsoft Resmi Suntik Mati App Ini di Windows 11 Seri Baru
WordPad resmi 'tutup usia' sejak peluncuran pertamanya 30 tahun yang lalu di Microsoft Windows 95. #kumparanTECH
Tampilan sistem operasi Windows 11. Foto: Microsoft
Tampilan sistem operasi Windows 11. Foto: Microsoft

Microsoft resmi menyuntik mati aplikasi WordPad per Januari 2024. Ke depan, aplikasi ini tak akan lagi muncul saat seseorang melakukan clean install pada Windows 11 seri terbaru.

Pengumuman ini disampaikan pada laman Windows Blog dalam rilis Windows 11 Insider Preview Build 26020. Aplikasi penyuntingan teks sederhana ini tak lagi tersedia pada Windows 11 baru lantaran masuk dalam fitur dengan kategori deprecated alias pengembangannya disetop.

“Mulai dari versi ini, aplikasi WordPad dan People tak akan terinstal lagi setelah (seseorang) melakukan clean install OS. Di upgrade (masa mendatang), WordPad bakal dihapus,” tulis Windows.

“WordPad tidak dapat diinstal ulang. WordPad adalah fitur Windows yang deprecated.”

WordPad telah menemani perjalanan user Microsoft, sejak era Windows 95, hampir 30 tahun lamanya. Kabar ini sebelumnya telah diinformasikan sejak awal September 2023.

WordPad sebelumnya dianggap ‘berjasa’ buat para user yang ingin melakukan pengeditan file teks yang bersifat segera setelah instal Windows baru. Keputusan ini berimbas pada Microsoft mengarahkan pengguna untuk beralih ke Microsoft Word dan NotePad.

“Kami merekomendasikan Microsoft Word untuk dokumen teks kaya seperti .doc dan .rtf dan Windows Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt,” tulis posting-an blog Microsoft.

Dalam pembaruan di build 26020, Microsoft turut membawa upgrade baru misalnya ikon Energy saver on di taskbar bagian kanan bawah. Ikon ini akan muncul sebagai teks pada desktop PC yang tak memiliki baterai seperti laptop.

https://kumparan.com/kumparantech/bye-bye-wordpad-microsoft-resmi-suntik-mati-app-ini-di-windows-11-seri-baru-21vofOT1o20

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations