Berita Populer: Pendaftar Motor Listrik Subsidi; Mobil Listrik Terlaris Jepang
Berita populer kumparanOTO, Jumat (3/11) jumlah pendaftar motor listrik subsidi terkini, mobil listrik paling digemari di Jepang. #kumparanOTO
Motor listrik Davigo Dragon S di PEVS 2023 Foto: Sena Pratama/kumparan
Motor listrik Davigo Dragon S di PEVS 2023 Foto: Sena Pratama/kumparan

Jumlah pendaftar pembelian motor listrik subsidi Rp 7 juta saat ini menjadi berita populer kumparanOTO, Jumat (3/11).

Kemudian melihat perkembangan mobil listrik di Jepang, serta mobil listrik eks KTT BMW yang dijual lebih murah.

Selengkapnya rangkuman berita populer kumparanOTO.

Target 200 Ribu, Pendaftar Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta Baru 5.547 Orang

Motor listrik Smoot di PEVS 2023. Foto: Sena Pratama/kumparan
Motor listrik Smoot di PEVS 2023. Foto: Sena Pratama/kumparan

Asosiasi Industri Motor Listrik atau Aismoli menanggapi perihal jumlah pendaftar motor listrik subsidi Rp 7 juta yang masih rendah. Dari 200 ribu kuota yang ditawarkan, hingga Kamis, 2 November 2023 baru ada 5.547 orang pendaftar.

Padahal sejak bulan September lalu, syarat pembelian motor listrik subsidi telah diperluas menjadi cukup menyertakan satu KTP untuk satu unit motor. Melihat perolehan sementara tersebut, Aismoli memasang target realistis.

“Saya tidak merujuk ke angka, ya. Jadi dari awal sudah mengatakan mau semaksimal mungkin, syukur-syukur ya kalau mencapai 200 ribu rasanya kayaknya agak susah, ya,” buka Ketua Umum Aismoli Budi Setiadi dihubungi kumparan (2/11).

Bukan Tesla, Ini Mobil Listrik yang Jadi Primadona di Jepang

Mobil listrik mungil Nissan Sakura. Foto: Nissan
Mobil listrik mungil Nissan Sakura. Foto: Nissan

Sebagai negara dengan industri otomotif paling maju di dunia, Jepang seperti tak tersentuh mobil listrik hingga kini. Setidaknya, melalui pengamatan kumparan di jantung perkotaan Negeri Sakura selama sepekan.

Tidak banyak orang Jepang yang melakukan mobilitasnya di atas mobil setrum, jalanan lebih diramaikan oleh mobil hybrid atau bermesin bakar konvensional (ICE). Soal produk, pilihannya pun juga belum banyak.

Dari pemain lokal baru ada Mitsubishi eK X EV & Minicab MiEV, Nissan Sakura, Ariya, LeAF, Toyota bZ4X, Subaru Solterra, dan Honda e. Sementara dari luar ada Tesla, Hyundai, hingga pendatang baru asal China, BYD.

Mobil Listrik BMW iX Bekas KTT ‘Turun Harga’ Rp 300 Juta

BMW The iX saat ditampilkan di BMW Joy is Electric, Plaza Senaya, Jakarta, Rabu (1/11/2023).  Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
BMW The iX saat ditampilkan di BMW Joy is Electric, Plaza Senaya, Jakarta, Rabu (1/11/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Director of Sales BMW Group Indonesia Ariefin Makaminan mengaku, ada calon konsumennya yang sengaja meminta unit mobil listrik bekas armada yang digunakan oleh kepala negara saat mengikuti acara KTT di Indonesia.

“Itu benar ada. Bahkan kemarin ada yang minta punyanya pak Jokowi, minta dicarikan. Tapi jujur kami tidak tahu yang mana karena pada saat KTT itu kan semua dipegang Paspampres. Kami tidak tahu mobil yang mana untuk siapa,” kata Ariefin di Jakarta belum lama ini.

BMW Group Indonesia memang menjual kembali mobil listrik eks KTT tersebut kepada konsumen. Harga yang ditawarkan cukup menggiurkan, Ariefin bilang lebih murah dibanding membeli unit baru karena statusnya sudah pernah terpakai.

https://kumparan.com/kumparanoto/berita-populer-pendaftar-motor-listrik-subsidi-mobil-listrik-terlaris-jepang-21VjKRR813A

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations