Berapa Lama Merebus Daging Sapi? Ini Tipnya agar Daging Empuk dan Nikmat
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Berapa Lama Merebus Daging Sapi. Foto: dok. Unsplash/James Kern
Ilustrasi Berapa Lama Merebus Daging Sapi. Foto: dok. Unsplash/James Kern

Berapa lama merebus daging sapi? Daging sapi memiliki tekstur yang alot dan padat sehingga relatif sulit untuk diolah. Maka dari itu, kebanyakan orang memilih mengolah daging dengan cara merebusnya.

Merebus daging hingga empuk membutuhkan trik khusus. Sebab jika terlalu lama direbus bukannya empuk malah menjadi alot. Selain merebusnya, daging juga dapat diolah dengan cara lain agar empuk.

Mengetahui Berapa Lama Merebus Daging Sapi dan Tip Lainnya

Ilustrasi Berapa Lama Merebus Daging Sapi. Foto: dok. Unsplash/Kyle Mackie
Ilustrasi Berapa Lama Merebus Daging Sapi. Foto: dok. Unsplash/Kyle Mackie

Daging sapi merupakan salah satu jenis daging yang dikenal memiliki tekstur padat. Untuk itu, perlu diketahui cara mengolahnya yang benar agar daging sapi terasa nikmat dan empuk saat dimakan.

Salah satu cara pengolahan yang umum digunakan adalah dengan merebusnya. Berapa lama merebus daging sapi? Untuk mendapatkan daging sapi yang empuk, daging dapat direbus di dalam panci yang sudah diisi air yang telah direbus terlebih dahulu.

Waktu perebusan daging terbaik yaitu selama lima menit dengan panci tertutup. Nah, agar daging lebih empuk, setelah daging sapi direbus, matikan kompor lalu biarkan selama 30 menit.

Setelah direndam selama 30 menit, nyalakan kembali kompor lalu rebus daging selama 7 menit untuk membuat daging terasa lebih empuk dan mudah dikunyah. Selain merebus daging, ada tip lainnya yang dapat dilakukan untuk membuat daging lebih empuk.

Mengutip dari dalam buku berjudul Lauk Favorit Serba Goreng: Untuk Menu Sehari-hari, Eka Fitria, ‎Tetty Yullia (2014: 5), untuk membuat daging sapi cepat empuk, maka sebelum dimasak atau diolah, daging sapi dibungkus terlebih dahulu dengan daun pepaya.

Zat papain yang terkandung dalam daun pepaya ini cukup ampuh untuk membuat daging menjadi empuk. Sebelum membungkus daging dengan daun pepaya, pastikan daun pepaya sudah dibersihkan dengan air mengalir lalu dikeringkan.

Pastikan seluruh bagian daging terbungkus dengan baik. Diamkan bungkusan daging sapi tersebut selama sekitar 1 jam. Tak hanya itu, membuat daging empuk juga dapat dilakukan dengan melumuri daging menggunakan nanas yang sudah dihaluskan.

Biarkan daging yang sudah dilumuri nanas selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, daging dapat diolah sesuai selera. Pastikan proses marinasi tidak lebih dari 30 menit agar rasa daging tidak berubah.

Baca juga: Cara Mengolah Daging Sapi yang Dibuat Dendeng

Itu dia penjelasan tentang berapa lama merebus daging sapi beserta tip jitunya agar daging terasa nikmat. Semoga bermanfaat. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/berapa-lama-merebus-daging-sapi-ini-tipnya-agar-daging-empuk-dan-nikmat-22y4Q7vZzj4

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations