Bagian Terkecil dari Suatu Materi yang Masih Memiliki Sifat Materi Tersebut
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut - Sumber: pexels.com/@tara-winstead/
Ilustrasi bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut - Sumber: pexels.com/@tara-winstead/

Bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut atom. Dalam dunia sains, atom dikenal sebagai unit dasar dari segala materi yang ada di alam semesta ini.

Teori atom pertama kali diusulkan oleh Democritus, seorang filsuf Yunani pada abad ke-4 SM. Democritus menyatakan bahwa materi dapat dibagi secara diskontinu sehingga akhirnya akan mencapai partikel terkecil yang tak dapat dibagi lagi.

Bagian Terkecil dari Suatu Materi yang Masih Memiliki Sifat Materi Tersebut Disebut Atom

Ilustrasi bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut - Sumber: pixabay.com/cintersimone
Ilustrasi bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut - Sumber: pixabay.com/cintersimone

Atom adalah unit dasar materi yang membentuk segala sesuatu di alam semesta. Pemahaman tentang struktur dan sifat atom adalah dasar untuk mempelajari kimia, termasuk sifat-sifat zat, reaksi kimia, dan pembentukan senyawa.

Berdasarkan buku Super Complete SMP/MTs 7,8,9, Elis Khoerunnisa, S.Pd., dkk, 2020, terdapat pembahasan yang menyatakan bahwa bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut atom.

Atom adalah komponen dasar yang menentukan karakteristik suatu zat. Tidak dapat dipecah lagi menjadi partikel lain melalui reaksi kimia. Struktur atom terdiri dari proton, neutron, dan elektron.

Atom terdiri dari inti atom yang memiliki muatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang memiliki muatan negatif. Inti atom terdiri dari proton yang bermuatan positif dan neutron yang netral.

Inti atom mengandung hampir seluruh massa atom, sementara elektron beredar dalam orbit di sekitar inti. Elektron memiliki massa yang sangat kecil dibandingkan dengan proton dan neutron, tapi memiliki muatan yang sama besar dengan proton.

Atom dapat dipecah melalui reaksi nuklir, yang melibatkan perubahan inti atom. Atom terdiri dari berbagai unsur kimia yang berbeda, dan jumlah proton dalam inti atom menentukan identitas unsur kimia tersebut dalam tabel periodik.

Baca Juga: Istilah untuk Atom atau Sekelompok Atom yang Bermuatan Listrik

Dalam fisika atom, atom sering dianggap sebagai entitas terkecil yang mempertahankan sifat-sifat kimia khas unsur tersebut. Sementara dalam kimia atom digunakan sebagai unit dasar yang terlibat dalam pembentukan senyawa kimia melalui interaksi antaratom.

Demikian penjelasan mengenai bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut atom. Dengan pemahaman tentang atom, dapat memahami dasar-dasar alam semesta ini, mengembangkan teknologi yang lebih maju. (DNR)

https://kumparan.com/berita-terkini/bagian-terkecil-dari-suatu-materi-yang-masih-memiliki-sifat-materi-tersebut-22Bjpd2f2Td

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations