Arti MPLS SMK dan Tujuan Diadakannya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Arti MPLS SMK     Sumber Unsplash/Rafael Atantya
Ilustrasi Arti MPLS SMK Sumber Unsplash/Rafael Atantya

Arti MPLS SMK banyak ditanyakan oleh para wali murid. Sebagian besar dari mereka bahkan baru mendengar istilah ini.

Kata MPLS banyak terdengar menjelang tahun ajaran baru di sekolah. Kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa baru di tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK.

Mengetahui Arti MPLS SMK dalam Pendidikan

Ilustrasi Arti MPLS SMK. Sumber Unsplash/Edwin Petrus
Ilustrasi Arti MPLS SMK. Sumber Unsplash/Edwin Petrus

Memahami arti MPLS SMK diawali dengan mengetahui kepanjangannya dahulu. MPLS SMK adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dikutip dari situs resmi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dindikjatimprov.id, MPLS adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh siswa baru SMK. Tujuan kegiatan ini adalah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar yang efektif, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Artinya, siswa baru tidak hanya dikenalkan dari sisi fisik sekolah barunya, akan tetapi juga pengenalan sekolah yang bersifat nonfisik. Pelaksanaan MPLS telah diatur dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016.

Peraturan tersebut menyatakan bahwa penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan. Kegiatan MPLS dilarang mengarah pada perploncoan atau tindakan kekerasan lainnya.

Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dimaksudkan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Menurut Undang- undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, serta peradaban bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Oleh karena itu, pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif, untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan.

Tujuan Diadakan MPLS SMK

Ilustrasi Arti MPLS SMK. Sumber Unsplash/Rafael Atantya
Ilustrasi Arti MPLS SMK. Sumber Unsplash/Rafael Atantya

Tujuan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru SMK, antara lain.

  1. Mengenali potensi diri siswa baru.

  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar yang efektif sebagai siswa baru.

  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.

  5. Menumbuhkan perilaku positif, antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memilki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Baca juga: Menilik Perbedaan MPLS dan Pra MPLS sebagai Kegiatan Wajib Peserta Didik Baru

Arti MPLS SMK tidak jauh berbeda dengan MOS (Masa Orientasi Siswa) yang selama ini dikenal. Tujuan MPLS untuk mempercepat adaptasi siswa dalam lingkungan dan pembelajaran yang baru.(DK)

https://kumparan.com/berita-terkini/arti-mpls-smk-dan-tujuan-diadakannya-232dqWcQX9p

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations