Aplikasi Microsoft Paint Akan Pakai AI, Bisa Apa Saja?
Siapa yang masih pakai Microsoft Paint? Siap siap, dia bakal kedatangan tools AI. Bisa ngapain aja, ya? #kumparanTECH
Logo Microsoft. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Logo Microsoft. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan

Microsoft terus mendorong berbagai produknya untuk memakai kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Yang terbaru, Microsoft berencana menyediakan tools AI di aplikasi Paint yang memungkinkan pengguna menghasilkan gambar yang mirip dengan Image Creator Bing.

Rumor ini dilaporkan oleh blog teknologi Windows Central, yang mengutip seorang sumber yang dekat dengan rencana ini. Sayangnya, fitur ini tidak didorong untuk masuk pada update Windows 11 dalam waktu dekat. Yang pasti, tim Microsoft sedang berada dalam tahap percobaan karena perusahaan berupaya menemukan lebih banyak cara untuk memasukkan AI ke dalam berbagai aplikasi.

Belum diketahui secara pasti kapan AI di Paint akan hadir. Microsoft sendiri akan mengadakan acara khusus pada bulan September, yang sangat mungkin mereka mengumumkan produk dan fitur-fitur baru, dan meluncurkan komputer Surface baru.

Bocoran tampilan Microsoft Paint dengan AI. Foto: Dok. Windows Central
Bocoran tampilan Microsoft Paint dengan AI. Foto: Dok. Windows Central

Fitur baru ini hanyalah salah satu dari banyak fitur yang dilaporkan akan muncul di Windows 11 suatu saat nanti. Fitur hebat yang mungkin masuk ada pada Snipping Tool untuk melakukan screenshot, di mana ia akan bisa mendeteksi teks dalam sebuah gambar. Fitur ini mirip dengan bagaimana iPhone memungkinkan pengguna menyalin teks dari gambar.

Tidak mengherankan melihat Microsoft menerapkan lebih banyak pekerjaan AI ke dalam produknya. Perusahaan ini menunjukkan bahwa mereka memiliki minat yang besar dengan berinvestasi di AI, terutama dengan semua pekerjaan yang telah dilakukan perusahaan di Bing dan penggabungan ChatGPT.

Jika Microsoft menghadirkan AI ke aplikasi Paint Windows 11, ini bisa lebih bermanfaat bagi aplikasi tersebut lantaran ia makin ketinggalan dari aplikasi yang lebih profesional seperti Photoshop dan Canva.

https://kumparan.com/kumparantech/aplikasi-microsoft-paint-akan-pakai-ai-bisa-apa-saja-212xhaeagcD

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations