Apakah Tubuh Setiap Hewan Sama dalam Pandangan Sains
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Apakah tubuh setiap hewan sama, sumber: unsplash/LeifLinding
Ilustrasi Apakah tubuh setiap hewan sama, sumber: unsplash/LeifLinding

Apakah tubuh setiap hewan sama? Hewan adalah makhluk hidup yang memiliki karakteristik unik dan bersifat eukariotik (mempunyai membran inti) dan multiseluler.

Jenis hewan di bumi ini sangat banyak, mulai dari hewan laut, hewan darat, hingga hewan yang dapat terbang di udara. Meskipun demikian, masing-masing memiliki ciri khas, baik segi struktur dasar, adaptasi, dan ekosistem.

Apakah Tubuh Setiap Hewan Sama? Ini Jawabannya

Ilustrasi Apakah tubuh setiap hewan sama, sumber: unsplash/Joshua
Ilustrasi Apakah tubuh setiap hewan sama, sumber: unsplash/Joshua

Apakah tubuh setiap hewan sama? Dalam sains, setiap hewan mempunyai karakteristik tubuh yang unik. Masing-masing hewan memiliki bagian tubuh dengan fungsi yang berbeda-beda.

Bagian tubuh hewan tersebut terdiri dari kepala, badan, sayap, kaki, tangan, mulut, rambut/bulu dan lain-lain. Adapun persamaan tubuh setiap hewan dapat diketahui dari berbagai aspek, di antaranya sebagai berikut:

1. Persamaan dalam Struktur Dasar

Tubuh hewan mempunyai struktur dasar yang mirip, mulai dari sistem pencernaan, sistem saraf, peredaran darah, hingga sistem pernapasan. Misalnya, hewan vertebrata mempunyai tulang belakang, sistem saraf yang mengontrol aktivitas tubuh, dan jantung untuk memompa darah.

2. Adaptasi terhadap Lingkungan

Mengutip buku Ensiklopedia Interaktif: Planet Bumi, Marcus Johnson (2018), setiap sesies hewan mengalami adaptasi sesuai lingkungan tempat hidupnya. Misalnya, hewan yang hidup di gurun mempunyai adaptasi khusus pada ginjalnya yang memungkinkan untuk menyimpan air dengan lebih efisien.

3. Keterkaitan Ekosistem

Tubuh hewan juga mempunyai peran khusus dalam ekosistem. Keberagaman fungsional dan struktural pada hewan mendukung proses keseimbangan ekosistem. Misalnya, lebah memiliki peran penting dalam penyerbukan tumbuhan, sedangkan singa membantu pengendalian populasi hewan herbivora.

4. Evolusi

Dalam pandangan sains, karakteristik tubuh hewan berkembang seiring berjalannya waktu. Hal ini sebagai bentuk respon terhadap tekanan seleksi lingkungan. Misalnya, bunglon beradaptasi untuk mengubah warna kulitnya untuk membantu berkamuflase atau menangkap mangsa.

5. Keanekaragaman Tingkatan Sel dan Molekuler

Jika menilik tingkatan sel dan molekuler, tubuh hewan menunjukkan tingkat keanekaragaman yang lebih rinci. Hal ini juga berlaku pada bentuk gen dan interaksi antarsel.

Misalnya, gen pada beberapa spesies ikan yang mampu hidup di perairan asin. Gen tersebut dapat menjadi contoh dari adaptasi pada tingkat molekuler.

Baca juga: Manfaat dan Fungsi Gigi Taring pada Hewan Karnivora

Itulah jawaban dari pertanyaan apakah tubuh setiap hewan sama? Meskipun makhluk hidup tersebut memiliki karakteristik tubuh yang unik, beberapa di antaranya mengandung kesamaan, baik dari struktur dasar, adaptasi, ekosistem, evolusi, serta tingkatan sel dan molekuler. (DLA)

https://kumparan.com/berita-terkini/apakah-tubuh-setiap-hewan-sama-dalam-pandangan-sains-22EwWJIfujd

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations