Apa yang Dilakukan saat Paskah dan Maknanya bagi Umat Kristiani
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Apa yang Dilakukan saat Paskah, sumber: unsplash/JoshExtein
Ilustrasi Apa yang Dilakukan saat Paskah, sumber: unsplash/JoshExtein

Apa yang dilakukan saat Paskah? Hari Paskah adalah salah satu perayaan penting dalam agama Kristen. Hari ini diperingati karena bertepatan dengan waktu kebangkitan Yesus Kristus dari kematian dan dosa.

Perayaan paskah setiap tahunnya dilakukan pada hari Minggu pertama sesudah bulan purnama ekuinoks. Mengetahui kegiatan yang dilakukan saat paskah beserta maknanya sangat penting bagi setiap umat kristiani.

Apa yang Dilakukan saat Paskah

Ilustrasi Apa yang Dilakukan saat Paskah, sumber: unsplash/DanielTseng
Ilustrasi Apa yang Dilakukan saat Paskah, sumber: unsplash/DanielTseng

Apa yang dilakukan saat Paskah? Walaupun paskah telah menjadi hari peringatan nasional yang diselenggarakan setiap tahun, namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui aktivitas yang dilakukan pada waktu tersebut. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan umat Kristen yakni sebagai berikut:

1. Menghias Telur

Mengutip buku Mengunjungi Hati, Merawat Kehidupan oleh Valentina Sagala (2019), telur merupakan salah satu hal yang identik dengan perayaan Paskah. Biasanya, telur diwarnai dengan berbagai macam warna cerah.

Tidak hanya itu, telur tersebut juga dihiasi dengan gambar-gambar tertentu, seperti bunga, kelinci,atau lambang-lambang Kristen lainnya. Oleh karena itu, menghias telur dapat menjadi kegiatan yang bisa dilakukan saat paskah.

2. Menyiapkan Makanan Paskah

Aktivitas berikutnya yang bisa dilakukan saat paskah adalah menyiapkan makanan Paskah. Beberapa makanan yang umumnya disajikan yaitu kue Paskah, ham panggang, roti manis, dan masih banyak lagi.

3. Menyimak Khotbah Paskah

Paskah juga identic dengan khotbah yang umumnya dilakukan oleh pendeta atau imam di gereja. Biasanya, khotbah ini membahas tentang kematian dan kebangkitan Yesus Kristus. Sebagai umat kristiani, penting sekali untuk menyimak khotbah ini untuk dijadikan siraman rohani.

4. Ibadah Minggu Paskah

Ibadah Minggu Paskah juga termasuk bagian dari perayaan Paskah. Ibadah ini umumnya dikerjakan pada hari Minggu, yakni ketika umat Kristen berkumpul di gereja dan memuja Tuha.

5. Menghias Dekorasi Paskah

Dekorasi Paskah merupakan salah satu tradisi penting dalam perayaan ini. Beberapa pernak-pernik yang digunakan yakni seperti lilin, bunga, dan lain-lain.

Makna Paskah bagi Umat Kristiani

Ilustrasi Apa yang Dilakukan saat Paskah, sumber: unsplash/KarlFredrickson
Ilustrasi Apa yang Dilakukan saat Paskah, sumber: unsplash/KarlFredrickson

Paskah mengandung makna kemenangan sekaligus harapan bagi umat Kristiani. Kemenangan tersebut terjadi saat Yesus dapat mengalahkan maut dan bangkit kembali usai melalui penderitaan di kayu salib.

Kebangkitan Yesus menjadi awal kehidupan yang kekal bagi manusia yang percaya kepada-Nya. Yesus juga berkata bahwa dirinya diutus oleh Allah ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia dari maut dan dos.

Paskah juga menjadi momen penting untuk merasakah cinta kasih, anugerah, dan kuasa yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada hamba-Nya. Dengan kebangkitan Yesus, Ia membebaskan umat-Nya dari dosa dan kutukan.

Baca juga: Jadwal Misa Paskah 2024 Katedral Surabaya Terbaru

Itulah jawaban dari pertanyaan, apa yang dilakukan saat Paskah di gereja. Dengan memahami makna peristiwa ini, diharapkan dapat meningkatkan keimanan umat kristiani. (DLA)

https://kumparan.com/berita-terkini/apa-yang-dilakukan-saat-paskah-dan-maknanya-bagi-umat-kristiani-22RYvouahj7

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations