Alasan Mengapa Ada Daerah di Bumi yang Gelap menurut Ilmu Sains
Oleh Berita Terkini
Mengapa ada daerah di Bumi yang gelap. Sumber: pexels.com
Mengapa ada daerah di Bumi yang gelap. Sumber: pexels.com

Saat belajar tentang ilmu sains, khususnya tentang tata surya, tak jarang siswa bertanya tentang alasan mengapa ada daerah di Bumi yang gelap. Jadi, seperti yang diketahui bahwa dalam satu waktu, ada belahan dunia yang terang dan ada juga yang gelap.

Fenomena alam ini terjadi tentu bukanlah tanpa alasan. Oleh karena itulah, tidak heran jika siswa kerap bertanya mengenai hal tersebut.

Mengapa Ada Daerah di Bumi yang Gelap?

Mengapa ada daerah di Bumi yang gelap. Sumber: pexels.com
Mengapa ada daerah di Bumi yang gelap. Sumber: pexels.com

Pada dasarnya, daerah di Bumi yang gelap terjadi karena bagian tersebut membelakangi matahari sehingga tidak mendapat pancaran cahaya. Namun, terdapat sejumlah penjelasan lainnya yang bisa disimak.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa ada daerah di Bumi yang gelap menurut ilmu sains dikutip dari buku TOP NO. 1 SKL UN SMP 2017, Tim Guru Indonesia dan Tim Redaksi Bintang Wahyu (2016:515).

1. Adanya Rotasi Bumi

Sebenarnya, Bumi tidak hanya mengelilingi matahari, tetapi juga berputar pada porosnya sendiri atau yang disebut dengan rotasi Bumi. Akibatnya, akan ada bagian Bumi yang secara bergantian menghadap dan juga menjauhi matahari. Berikut penjelasannya.

Saat suatu daerah menghadap matahari, maka bagian Bumi tersebut sedang terang. Hal ini terjadi ketika matahari terbit dan menandakan waktu pagi hari.

Saat suatu daerah menjauhi matahari, maka bagian Bumi akan mengalami waktu malam. Hal ini ditandai dengan matahari terbenam.

2. Perputaran Bergantian

Bumi berputar dari arah barat ke timur, yang menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam. Ketika kutub utara menghadap matahari, maka wilayah di Inggris akan mengalami hari yang lebih panjang. Begitu juga sebaliknya.

Fenomena alam ini terjadi karena Bumi mempunyai bagian yang menghadap matahari dan bagian yang membelakangi matahari. Oleh karena itulah, akan selalu ada daerah yang gelap dan terang di waktu yang bersamaan.

Baca Juga: Peran Tanah bagi Kehidupan di Bumi

Jadi, itu dia penjelasan singkat tentang alasan mengapa ada daerah di Bumi yang gelap menurut ilmu sains yang menarik dipelajari oleh para siswa. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan para siswa, ya. (Anne)

https://kumparan.com/berita-terkini/alasan-mengapa-ada-daerah-di-bumi-yang-gelap-menurut-ilmu-sains-22ITHipvU8x

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations