7 Teknik Memasak Steak dengan Benar untuk Dicoba di Rumah
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Teknik memasak steak dengan benar - Sumber: pixabay.com/sasint
Ilustrasi Teknik memasak steak dengan benar - Sumber: pixabay.com/sasint

Penggunaan teknik memasak steak dengan benar diperlukan agar hasil masakan bisa maksimal. Steak adalah potongan daging yang dipotong tebal dan biasanya dipanggang. Daging yang sering digunakan untuk steak yaitu sirloin, tenderloin, ribeye, dan T-bone.

Memasak steak tidak bisa dilakukan sembarangan. Diperlukan teknik khusus agar steak matang secara merata dengan bagian yang renyah di luar dan tetap juicy di dalam. Ini akan menghasilkan rasa dan tekstur yang sangat memuaskan.

Teknik Memasak Steak dengan Benar agar Hasilnya Maksimal

Ilustrasi Teknik memasak steak dengan benar - Sumber: pixabay.com/bru-no
Ilustrasi Teknik memasak steak dengan benar - Sumber: pixabay.com/bru-no

Memasak steak dengan benar memastikan bahwa daging matang secara sempurna dan aman untuk dikonsumsi. Menggunakan suhu yang tepat dan durasi yang pas juga dapat membantu mencegah bakteri dan patogen yang terkandung dalam daging.

Memasak steak di rumah dengan teknik yang benar bisa lebih ekonomis daripada membeli di restoran. Dengan menguasai teknik memasak yang tepat, dapat menciptakan hidangan yang sama lezatnya dengan biaya yang lebih rendah.

Berikut adalah beberapa teknik memasak steak dengan benar yang bisa dicoba dengan mudah di rumah.

1. Pilih Daging yang Berkualitas

Pilih potongan daging yang berkualitas baik, seperti sirloin, tenderloin, atau ribeye. Pastikan daging memiliki marbling yang baik (lapisan lemak halus di dalam daging) untuk memberikan tekstur kelembutan dan rasa yang lebih baik.

2. Biarkan Daging pada Suhu Ruang

Sebelum dimasak, biarkan daging mencapai suhu ruang selama sekitar 30 menit. Ini akan membantu memastikan daging dapat matang secara merata.

3. Marinasi

Sebelum memasak, lumuri daging dengan bumbu seperti garam, merica, dan bawang putih. Diamkan selama beberapa menit agar semuanya dapat meresap ke dalam daging.

4. Penggunaan Panci atau Grill

Panaskan panci atau grill hingga sangat panas sebelum memasak steak. Suhu yang tinggi akan membantu membentuk lapisan kerak yang renyah di luar daging sambil tetap mempertahankan kelembutan di dalamnya.

5. Jangan Sering Memutar Daging

Ketika memasak steak, hindari terlalu sering memutar daging. Biarkan daging berada di satu sisi untuk beberapa menit sebelum dibalik. Ini membantu membentuk kerak yang sempurna.

6. Penyajian dan Penyedap

Potong steak melawan serat daging untuk menghasilkan irisan yang lebih mudah dikunyah. Bisa juga menambahkan mentega, bawang putih, dan rosemary atau thyme pada saat memanggang untuk menambahkan rasa dan aroma ekstra.

7. Gunakan Teknik yang Diperlukan

Gunakan variasi teknik memasak sesuai kebutuhan. Ada banyak metode memasak steak yang dapat dipilih. Mulai dari teknik basting, slow cooked steak, sous vide, reverse sear, hingga coal roasted steak mummy.

Berdasarkan buku Seri Teknik Memasak: Masakan Serba Panggang, Ide Masak, 2013, setiap teknik memiliki hasil yang berbeda, jadi sebaiknya pilih teknik yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihan teknik juga bisa tergantung pada peralatan masak yang dimiliki di rumah.

Baca Juga: Ciri Daging atau Steak yang Dimasak dengan Tingkat Kematangan Rare

Dengan mengikuti teknik memasak steak dengan benar, semua orang dapat memasak steak dengan hasil yang sempurna di rumah. Jangan lupa tambahkan berbagai jenis saus, bumbu, atau sampingan seperti kentang panggang, sayuran panggang, atau salad agar lebih lezat. (DNR)

https://kumparan.com/berita-terkini/7-teknik-memasak-steak-dengan-benar-untuk-dicoba-di-rumah-22AarwufnrG

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations