7 Contoh Sikap Menghormati Suku dan Bahasa yang Berbeda
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi contoh sikap menghormati suku dan bahasa yang berbeda. Sumber: Unsplash/Omar Lopez
Ilustrasi contoh sikap menghormati suku dan bahasa yang berbeda. Sumber: Unsplash/Omar Lopez

Indonesia adalah negara multikultural dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda. Dalam pergaulan tentunya wajar bertemu orang yang berlainan suku dan bahasa. Berikan contoh sikap menghormati suku dan bahasa yang berbeda.

Meghormati adat dan budaya yang berbeda adalah salah satu upaya untuk menjaga kerukunan dan persatuan. Dengan menghormati satu sama lain, maka tak akan timbul perselisihan yang dapat memecah belah bangsa.

Contoh Sikap Menghormati Suku dan Bahasa yang Berbeda dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi contoh sikap menghormati suku dan bahasa yang berbeda. Sumber: Pexels/Andres Ayrton
Ilustrasi contoh sikap menghormati suku dan bahasa yang berbeda. Sumber: Pexels/Andres Ayrton

Pada buku Manusia Indonesia, Alam, & Sejarahnya, Hidayati dan Huriyah (2021), disebutkan bahwa perbedaan tidak mesti dijadikan alasan untuk tidak saling menghormati dan menghargai satu sama lain, apalagi dijadikan alasan permusuhan.

Setiap manusia sebaliknya saling menghargai satu sama lain meski berbeda dalam banyak hal. Berikut ini contoh sikap menghormati suku dan bahasa yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Saat berada dalam komunitas atau pertemanan yang beragam, sebaiknya berbicara dalam bahasa Indonesia dan bukan bahasa daerah. Dengan berbicara menggunakan bahasa Indonesia, kawan-kawan dari derah lain menjadi paham apa yang sedang dibicarakan.

  2. Cobalah untuk belajar mengenali adat dan budaya lain. Jangan pernah meremehkan dan menganggap rendah budaya yang berbeda dengan yang dimiliki.

  3. Dalam berteman dan bergaul sebaiknya fleksibel dan tidak pilih-pilih hanya dengan teman yang sesuku saja. Berteman dengan banyak orang dari latar belakang suku budaya yang berbeda akan memperkaya sudut pandang dan memperluas wawasan.

  4. Selalu menjaga sikap toleransi dan menghormati perbedaan yang ada antara satu sama lain.

  5. Tidak menyombongkan bahasa dan budaya sendiri sebagai yang terhebat. Saat berada di daerah lain, tak ada salahnya untuk mempelajari budaya dan bahasa setempat.

  6. Tidak mengganggu suku budaya yang sedang melakukan upacara atau tradisi mereka. Sebaliknya justru harus mendukung dan membantu mereka jika memang diperlukan.

  7. Berlaku ramah dan menjaga sopan santun saat berinteraksi dengan orang-orang dari suku budaya yang berbeda.

Baca juga: Tiga Contoh Sikap Menghargai Perbedaan Suku dan Budaya di Lingkungan Masyarakat

Itulah beberapa contoh sikap menghormati suku dan bahasa yang berbeda yang bisa dilakukan. Langkah yang sepertinya biasa saja ini nantinya akan memberi dampak positif pada persatuan dan kesatuan bangsa. (SASH)

https://kumparan.com/berita-terkini/7-contoh-sikap-menghormati-suku-dan-bahasa-yang-berbeda-22l6J8qzZ1t

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations