6 Tips Mengurangi Bau Prengus pada Daging Kambing yang Jitu
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Tips Mengurangi Bau Prengus pada Daging Kambing. Sumber: Pexels/Pixelme Stock Photography
Ilustrasi Tips Mengurangi Bau Prengus pada Daging Kambing. Sumber: Pexels/Pixelme Stock Photography

Tidak seperti daging ayam, kambing memiliki bau yang khas. Jika cara mengolahnya salah, maka daging akan berbau prengus. Supaya tidak mengeluarkan aroma tersebut, maka harus mengetahui tips mengurangi bau prengus pada daging kambing.

Terdapat beberapa cara supaya daging tidak berbau prengus. Contohnya adalah memasak kambing dengan menggunakan banyak bumbu berempah.

Beberapa Tips Mengurangi Bau Prengus pada Daging Kambing

Ilustrasi Tips Mengurangi Bau Prengus pada Daging Kambing. Sumber: Unsplash/Usman Yousaf
Ilustrasi Tips Mengurangi Bau Prengus pada Daging Kambing. Sumber: Unsplash/Usman Yousaf

Iduladha identik dengan berbagai jenis olahan daging sapi, domba, dan juga kambing. Agar menjadi makanan yang lezat, daging kambing harus diolah dengan cara yang tepat. Pasalnya, kambing atau domba biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Dikutip dari buku 143 Tip Cerdas Seputar Kesehatan, Rumah, dan Masakan, Pramono (2008), daging kambing mempunyai aroma prengus yang khas. Bau prengus berasal dari feromon, terutama pada kambing jantan.

Bau tersebut tentunya sangat mengganggu. Supaya bau prengus dapat hilang, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut beberapa tips mengurangi bau prengus pada daging kambing.

1. Jangan Cuci Daging Kambing

Tip pertama adalah jangan mencuci daging kambing. Daging kambing yang akan diolah cukup dibersihkan dengan lap bersih atau tisu dapur. Setelah itu, daging dapat dibungkus menggunakan daun pepaya selama kurang lebih 15-20 menit dan siap untuk dimasak sesuai selera.

2. Menghilangkan Lemak

Tip kedua agar daging tidak berbau prengus adalah buang lemaknya sebelum diolah. Namun, jangan buang seluruh lemak supaya daging tetap terasa gurih.

3. Biji Cengkeh

Untuk menghilangkan bau prengus, masyarakat dapat menggunakan bubuk atau biji cengkeh. Caranya adalah dengan menambahkan bubuk cengkeh pada air rebusan daging kambing.

4. Jeruk Nipis

Daging kambing yang terlanjur dicuci dapat diberi perasan jeruk nipis. Balurkan jeruk nipis pada daging. Kemudian diamkan daging sekitar 30 menit. Selain dapat mengurangi bau prengus, jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri pada daging.

5. Buang Buih Saat Merebus Daging Kambing

Teknik merebus daging kambing yang tepat dapat menghilangkan bau prengus. Caranya adalah merebus daging hingga berbuih. Buang buih yang mengambang pada air. Dengan cara tersebut, bau prengus akan hilang.

6. Lumuri Daging dengan Banyak Bumbu Berempah

Cara terakhir adalah mengolah daging dengan menggunakan banyak bumbu berempah. Contoh masakan daging kambing dengan banyak bumbu adalah gulai, kari, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mengolah Daging Sapi agar Tetap Empuk dan Juicy

Itu tadi adalah tips mengurangi bau prengus pada daging kambing. Pastikan daging kambing diolah dengan tepat agar tidak ada bau prengus yang mengganggu saat makan. (FAR)

https://kumparan.com/berita-terkini/6-tips-mengurangi-bau-prengus-pada-daging-kambing-yang-jitu-22xITiAihPJ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations