5 Suku dan Masyarakat Adat Papua beserta Keunikannya
Oleh Berita Terkini
Suku dan Masyarakat Adat Papua, Sumber Unsplash Surya Prakosa
Suku dan Masyarakat Adat Papua, Sumber Unsplash Surya Prakosa

Papua adalah pulau di Indonesia bagian timur. Pulau ini dibagi menjadi dua negara yang salah satunya adalah Indonesia. Di wilayah dari negara inilah terdapat berbagai suku dan masyarakat adat Papua.

Beragam suku dan masyarakat adat tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Menariknya, keunikan ini tetap dipertahankan hingga sekarang.

Suku dan Masyarakat Adat Papua

Suku dan Masyarakat Adat Papua, Sumber Unsplash Vika Chartier
Suku dan Masyarakat Adat Papua, Sumber Unsplash Vika Chartier

Menurut buku Budaya Makan dalam Perspektif Kesehatan, Toto Sudargo, dkk (2022: 141), jumlah suku asli di Papuas adalah sekitar 255 suku. Banyak dari suku ini yang masih mempertahankan adat istiadat sehingga membuatnya unik.

Keunikan suku ini menjadi hal yang menarik untuk dipelajari demi menambah wawasan kebudayaan. Berikut lima suku dan masyarakat adat Papua beserta keunikannya yang bisa untuk mulai mempelajari hal tersebut.

1. Suku Dani

Tanah Papua memiliki rumah adat yang terkenal, yaitu honai. Sebenarnya, honai adalah rumah adat Suku Dani yang tinggal di Lembah Baliem.

Selain itu, Suku Dani juga memiliki keunikan lain, seperti pemotongan jari yang dilakukan saat ada anggota keluarga dekat wafat. Ada juga tradisi bakar batu yang masih dilakukan hingga sekarang.

2. Suku Arfak

Suku Arfak mendiami Pegunungan Arfak, Papua Barat. Suku ini memiliki pemerintahan adat yang terdiri dari andigpoy atau kepala adat, pinjoydig atau pembantu tugas kepala adat, dan pinjoi piley atau pelaksana tugas. Menariknya, suku ini terkenal sebagai pemburu dan ahli pengobatan tradisional.

3. Suku Asmat

Suku Asmat merupakan salah satu suku terbesar di Tanah Papua, terutama di Papua Selatan. Suku ini terkenal karena mempunyai karya seni ukir yang unik. Selain itu, usku inilah yang memanfaatkan sagu sebagai makanan utama.

4. Suku Korowai

Jika biasanya masyarakat hidup dengan mendirikan rumah di atas tanah, maka Suku Korowai membangun rumah pohon dengan tinggi hingga 50 meter dari permukaan.

Selain itu, suku ini memiliki kepercayaan bahwa orang yang meninggal secara misterius adalah penyihir dan harus dimakan untuk diadili.

5. Suku Irarutu

Suku yang mendiami wilayah Papua Barat ini dikenal akan toleransi, kemanusiaan, dan kasih sayanynya. Selain itu, rumah adat Suku Irarutu, yaitu Sirus, memiliki makna hidup beradat serta beradab.

Baca juga: 5 Contoh Keragaman Suku Bangsa di Indonesia

Ulasan tentang lima suku dan masyarakat adat Papua beserta keunikannya ini bisa dibagikan kepada orang lain. Dengan demikian, akan ada lebih banyak orang yang mengenal suku-suku dan masyarakat adat di wilayah Indonesia timur tersebut. (LOV)

https://kumparan.com/berita-terkini/5-suku-dan-masyarakat-adat-papua-beserta-keunikannya-21z8muwIp5m

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations