5 Manfaat Kebugaran Jasmani dan Contoh Praktiknya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi 5 Manfaat Kebugaran Jasmani. Foto: dok. Unsplash/Jenny Hill
Ilustrasi 5 Manfaat Kebugaran Jasmani. Foto: dok. Unsplash/Jenny Hill

Jelaskan 5 manfaat kebugaran jasmani! Soal tersebut merupakan salah satu materi yang dibahas dalam mata pelajaran Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Olahraga. Dengan materi ini, siswa mengetahui apa saja manfaat menjaga kebugaran jasmani.

Salah satu manfaat kebugaran jasmani adalah meminimalisir risiko penyakit berbahaya, seperti kanker, penyakit kardiovaskular, dan lain sebagainya.

Mengenal 5 Manfaat Kebugaran Jasmani

Ilustrasi 5 Manfaat Kebugaran Jasmani. Foto: dok. Unsplash/Gabin Vallet
Ilustrasi 5 Manfaat Kebugaran Jasmani. Foto: dok. Unsplash/Gabin Vallet

Mengutip buku berjudul Pembelajaran Kebugaran Jasmani, Anggi Setia Lengkana, ‎Tatang Muhtar (2021: 6), kebugaran jasmani adalah keadaan kemampuan jasmani yang dapat menyesuaikan fungsi alat-alat tubuhnya terhadap tugas jasmani tertentu.

Kebugaran jasmani juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan jasmani menjalankan fungsi tubuhnya terhadap keadaan lingkungan yang harus diatasi dengan cara yang efisien.

Seseorang dianggap memiliki kebugaran jasmani jika dapat melakukan kegiatan tertentu tanpa kelelahan yang berlebihan dan telah pulih sempurna sebelum datang tugas yang sama pada kesempatan selanjutnya.

Dikutip dari buku berjudul Perilaku Organisasi, Virza Hadrianti dkk (2023: 18), kebugaran jasmani berkaitan erat dengan kemampuan fisik yang menuntut stamina keterampilan atau kekuatan dalam melaksanakan suatu kegiatan.

Kondisi jasmani yang bugar dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Jelaskan 5 manfaat kebugaran jasmani! Berikut ini adalah 5 manfaat kebugaran jasmani bagi kehidupan seseorang.

  1. Meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit berbahaya lainnya seperti kanker

  2. Menjaga kesehatan mental sehingga terhindar dari stres dan depresi

  3. Meningkatkan energi, kekuatan, dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas dan mengerjakan suatu kegiatan

  4. Menjaga berat badan agar tetap ideal

  5. Meningkatkan rasa percaya diri

Contoh Praktik Menjaga Kebugaran Jasmani

Ilustrasi 5 Manfaat Kebugaran Jasmani. Foto: dok. Unsplash/Gabin Vallet
Ilustrasi 5 Manfaat Kebugaran Jasmani. Foto: dok. Unsplash/Gabin Vallet

Untuk menjaga kebugaran jasmani dalam tubuh, seseorang perlu menjaga pola hidupnya agar tetap sehat. Contohnya seperti selalu makan makanan yang sehat dan berserat, seperti sayur dan buah.

Selain itu, menghindari rokok dan alkohol serta olahraga secara rutin juga perlu dilakukan. Ada banyak sekali olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani, antara lain:

  • Jogging

  • Squat jump

  • Push up

  • Sit up

  • Leg lift

Baca juga: Pengertian Kebugaran Jasmani dan Manfaatnya

Itu dia pembahasan jelaskan 5 manfaat kebugaran jasmani yang disajikan lengkap dengan contoh praktiknya. Dengan menjalankan latihan secara rutin dan menjaga pola hidup sehat, kebugaran tubuh meningkat.

Dengan begitu, kemampuan tubuh untuk melaksanakan tugas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan juga ikut meningkat. Semoga bermanfaat. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/5-manfaat-kebugaran-jasmani-dan-contoh-praktiknya-21cyJqfNhqd

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations