5 Cara Memasak Daging agar Empuk dan Tidak Amis
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi cara memasak daging agar empuk, sumber: unsplash/LouiseHansel
Ilustrasi cara memasak daging agar empuk, sumber: unsplash/LouiseHansel

Cara memasak daging agar empuk dan tidak amis perlu dilakukan agar masakan yang disajikan dapat terasa nikmat. Tidak dipungkiri, memasak daging yang empuk masih dianggap sulit bagi sebagian orang.

Daging sapi atau kambing membutuhkan cara pengolahan yang tepat agar tidak alot dan berbau. Oleh karena itu, penting sekali menerapkan trik khusus agar hasil masakan lebih memuaskan.

Cara Memasak Daging agar Empuk dan Tidak Amis

Ilustrasi cara memasak daging agar empuk, sumber: unsplash/JoseIgnacio
Ilustrasi cara memasak daging agar empuk, sumber: unsplash/JoseIgnacio

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengolah daging. Berikut adalah cara memasak daging agar empuk dan tidak amis yang bisa diterapkan:

1. Rebus dengan Suhu Ruang

Cara memasak daging yang pertama adalah merebusnya dengan suhu ruang. Mengutip buku 101 Daily Life Hacks, Dayu Pratyahara, (2019), daging tersebut tidak perlu direndam atau dicuci terlebih dahulu.

Sebab, hal tersebut dapat menghilangkan kandungan gizinya jika dilakukan terlalu lama. Oleh karena itu, daging tersebut bisa langsung dimasak dengan direbus menggunakan suhu ruang.

2. Hilangkan Lemak Daging

Cara kedua yang bisa dicoba adalah menghilangkan lapisan lemak pada daging yang masih melekat. Cara ini bisa dilakukan sebelum merebus daging. Lemak tersebut biasanya berwarna putih dan menempel pada daging.

3. Potong Daging Melintang

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat daging yang empuk dan tidak amis adalah dengan memotongnya secara melintang atau melawan arah serat. Tujuannya agar nanti saat dimasak, daging bisa lebih empuk saat direbus.

4. Rebus Bersama Rempah

Merebus daging dengan rempah juga dapat membuat teksturnya lebih empuk dan tidak amis. Beberapa rempah yang bisa digunakan antara lain daun jahe, serai, ketumbar, atau kemangi.

5. Teknik Merebus 17 Menit

Teknik merebus selama 17 menit masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Padahal, cara ini cukup efektif untuk membuat daging lebih empuk dan tidak bau. Caranya yaitu siapkan daging yang telah dipotong-potong dengan berlawanan arah. Lalu, rebus dalam air mendidih selama 7 menit.

Tutup panci secara rapat dan biarkan selama 5 menit. Jika sudah 5 menit, nyalakan api kembali untuk merebusnya selama 5 menit. Ulangi cara ini sebanyak dua kali hingga air sudah mendidi.

Baca juga: Cara Mengolah Daging Sapi yang Dibuat Dendeng

Cara memasak daging agar empuk dan tidak amis yang dijelaskan di atas bisa dijadikan panduan membuat masakan. Dengan begitu, daging yang dimasak bisa lebih sedap untuk disantap. (DLA)

https://kumparan.com/berita-terkini/5-cara-memasak-daging-agar-empuk-dan-tidak-amis-22AbUUZeZJz

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations