4 Fungsi Khotbah Jumat dalam Agama Islam
Oleh Berita Terkini
Sebutkan 4 Fungsi Khotbah Jumat, Sumber Unsplash Raka Dwi Wicaksana
Sebutkan 4 Fungsi Khotbah Jumat, Sumber Unsplash Raka Dwi Wicaksana

Shalat Jumat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim berjenis kelamin pria. Di dalam ibadah tersebut, terdapat khotbah yang harus didengarkan. Sebutkan 4 fungsi khotbah Jumat dalam agama Islam!

Empat fungsi tersebut harus diketahui oleh umat muslim dengan baik. Jadi, kesadaran untuk mendengarkan khotbah Jumat akan semakin meningkat.

4 Fungsi Khotbah Jumat

Ilustrasi Sebutkan 4 Fungsi Khotbah Jumat, Sumber Unsplash Masjid Pogung Raya
Ilustrasi Sebutkan 4 Fungsi Khotbah Jumat, Sumber Unsplash Masjid Pogung Raya

Menurut Buku Pintar Khatib dan Khotbah Jumat, Arif Yosodipuro (2013: 9), khotbah berasal dari bahasa Arab yang diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai ceramah atau pidato. Khotbah dalam bahasa Indonesia bisa dimaknai sebagai pemberian ceramah, wasiat, nasihat, dan sejenisnya.

Khotbah sering diberikan di berbagai ibadah umat muslim. Salah satunya adalah shalat Jumat. Adanya khotbah ini bukanlah tanpa alasan karena mempunyai empat fungsi yang perlu diketahui. Berikut 4 fungsi khotbah Jumat tersebut.

1. Penyebaran Informasi

Khutbah sering disampaikan dengan membawa materi yang sedang hangat diperbincangkan. Oleh sebab itu, para jamaah shalat Jumat akan memperoleh informasi-informasi terkini melalui khotbah sehingga tak ketinggalan.

2. Pelatihan Kedisiplinan

Setiap jamaah shalat Jumat diwajibkan untuk mendengarkan khotbah dengan seksama. Selain itu, makruh hukumnya bagi para jamaah yang berbicara selama khatib menyampaikan khotbah.

Jamaah juga tidak boleh berbicara ke khatib selama khotbah. Hal-hal seperti ini jika dijalani bisa melatih kedisiplinan jamaah dalam mengikuti aturan.

3. Meningkatkan Ilmu Agama

Khotbah Jumat tentu berisi berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu agama, seperti akidah, akhlak, hingga sejarah Islam. Itulah mengapa mendengarkan khotbah bisa meningkatkan ilmu agama para jamaahnya. Hal ini akan berpengaruh pada kehidupan duniawi dan akhirat.

4. Meningkatkan Ilmu Pengetahuan Umum

Tak hanya ilmu agama saja, ilmu pengetahuan umum juga akan meningkat. Hal ini disebabkan materi yang dibawakan oleh khatib kerap tak hanya berkaitan dengan kegamaan saja, namun juga ilmu-ilmu lain yang masih berhubungan seperti IPTEK.

Baca juga: Rukun Shalat Jumat yang Wajib Diamalkan Saat Shalat Jumat

4 fungsi khotbah Jumat dalam agama Islam ini sebaiknya dipahami oleh umat muslim dengan baik. Jadi, setiap jamaah shalat Jumat tak menyia-nyiakan waku khotbah Jumat begitu saja. (LOV)

https://kumparan.com/berita-terkini/4-fungsi-khotbah-jumat-dalam-agama-islam-21iNnKi1bGz

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations