3 Struktur dan Contoh Isi Pembukaan Naskah Pidato
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Tuliskan Isi Pembukaan Naskah Pidato. Sumber: Pexels/Antonio Prado
Ilustrasi Tuliskan Isi Pembukaan Naskah Pidato. Sumber: Pexels/Antonio Prado

Pidato merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan menyampaikan sesuatu. Pidato memiliki struktur seperti pembuka, isi, dan penutup. Tuliskan isi pembukaan naskah pidato!

Saat mempersiapkan naskah pidato, maka harus mengikuti strukturnya. Hal itu agar informasi yang disampaikan dapat runut dan teratur.

Struktur Pidato

Ilustrasi Tuliskan Isi Pembukaan Naskah Pidato. Sumber: Pexels/Henri Mathieusaintlaurent
Ilustrasi Tuliskan Isi Pembukaan Naskah Pidato. Sumber: Pexels/Henri Mathieusaintlaurent

Dikutip dari buku Cara Praktis Belajar Pidato, MC, dan Penyiar Radio, Puspita (2017), pidato merupakan penyampaian gagasan, pikiran, atau informasi kepada orang lain secara lisan dengan metode-metode tertentu.

Agar pidato yang disampaikan runut dan sesuai dengan topik, maka naskah wajib ditulis dengan struktur yang tepat. Berikut struktur pidato yang perlu diketahui.

1. Bagian Pembukaan

Seperti namanya, bagian pembukaan akan ada di awal pidato. Bagian ini terbagi lagi menjadi empat yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan syukur, dan juga pengantar ke topik yang akan dibicarakan.

2. Bagian Isi

Setelah selesai mengucapkan bagian pembuka, maka akan dilanjutkan ke isi. Isi adalah bagian pidato mengenai informasi yang penting. Isi pidato harus dilengkapi informasi dengan alasan yang meyakinkan. Bagian isi harus ditulis dengan susunan yang baik, logis, dan menggunakan sumber yang terpercaya.

3. Bagian Penutup

Struktur terakhir adalah bagian penutup. Bagian ini akan berisi kesimpulan dan permintaan maaf mengenai kesalahan pada saat berpidato. Selain itu juga akan ada ucapan terima kasih dan salam penutup.

Tuliskan Isi Pembukaan Naskah Pidato Lengkap

Ilustrasi Tuliskan Isi Pembukaan Naskah Pidato. Sumber: Pexels/Kairos Panamá
Ilustrasi Tuliskan Isi Pembukaan Naskah Pidato. Sumber: Pexels/Kairos Panamá

Setelah memahami struktur pidato, maka murid harus menjawab soal “tuliskan isi pembukaan naskah pidato”. Berikut contohnya yang dapat digunakan sebagai referensi.

1. Pembukaan Pidato Perpisahan Sekolah

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi, guru dan teman-teman yang saya cintai. Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk hadir dalam acara perpisahan SMA __ Kota __.
Di pagi yang cerah ini, mari kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan karunianya, hari ini kita bisa berkumpul bersama. Perkenalkan, nama saya ___, murid kelas ___. Pagi ini saya diberikan kehormatan untuk memberikan pidato perpisahan untuk angkatan ____. Sebelum memulai pidato, ada sebuah pepatah yang mengingatkan saya tentang perjalanan kita selama bersekolah di SMA __ Kota __ yaitu “Jika pertemuan adalah awal dari perpisahan, maka perpisahan adalah awal dari keindahan dalam pertemuan yang selanjutnya.”

2. Pembukaan Pidato Lingkungan

Assalamualaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena nikmat dan hidayahnya, kita dapat berkumpul dalam keadaan yang sehat. Hadirin dan hadirat yang saya hormati, pidato singkat hari ini akan menerangkan tentang menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman, maka dari itu, marilah kita menjaga kebersihan untuk diri dan orang lain.

3. Pembukaan Pidato Kesehatan

Assalamualaikum Wr. Wb. pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga hari ini kita dapat berkumpuk bersama. Hadirin yang saya hormati, hari ini saya akan menyampaikan sebuah pidato mengenai bahayanya narkoba untuk kesehatan dan kehidupan.

Baca juga: Memahami Konsep Urutan dari Isi Pidato yang Baik

Itulah jawaban dari soal “tuliskan isi pembukaan naskah pidato”. Perlu diingat untuk menulis naskah pidato sesuai dengan struktur. Jika ingin menulis naskah pidato, jangan lupa untuk mencari topik yang tepat dan relevan dengan pendengar. (FAR)

https://kumparan.com/berita-terkini/3-struktur-dan-contoh-isi-pembukaan-naskah-pidato-228Z3mzJ9Xd

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations