3 Penemuan yang Bermanfaat bagi Distribusi Barang
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi apa penemuan yang bermanfaat bagi distribusi barang. Sumber: pexels/pixabay
Ilustrasi apa penemuan yang bermanfaat bagi distribusi barang. Sumber: pexels/pixabay

Apa penemuan yang bermanfaat bagi distribusi barang? Pertanyaan tersebut tentunya berhubungan erat dengan pemasaran.

Distribusi barang adalah bagian penting dalam sebuah manajemen pemasaran. Jadi, tak heran jika ada beberapa penemuan penting yang bermanfaat untuk melancarkan sebuah kegiatan pemasaran.

Apa Penemuan yang Bermanfaat bagi Distribusi Barang?

Ilustrasi apa penemuan yang bermanfaat bagi distribusi barang. Sumber: pexels/mehmet turgut kirkgoz
Ilustrasi apa penemuan yang bermanfaat bagi distribusi barang. Sumber: pexels/mehmet turgut kirkgoz

Pada umumnya, ada anggapan bahwa manajemen pemasaran hanya berkaitan dengan upaya pencarian pelanggan dalam jumlah besar untuk menjual produk yang dihasilkan perusahaan. Pandangan ini terlalu sempit, karena suatu perusahaan akan menghadapi kondisi permintaan produk yang tingkatannya berbeda-beda.

Jika permintaan produk meningkat, maka akan berpengaruh pada pendistribusian barang. Sejak zaman dahulu telah ada beberapa penemuan penting sebagai solusi untuk pendistribusian barang agar lebih efektif.

Keberhasilan perusahaan di bidang pemasaran didukung oleh keberhasilan dalam memilih saluran distribusi yang baik. Mengutip buku Pengantar Bisnis, M. Fuad, dkk (2000), empat kebijaksanaan pemasaran yang sering disebut konsep Empat P atau bauran pemasaran (marketing mix) adalah Produk (product), Harga (price), Saluran distribusi (place), dan Promosi (promotion).

Untuk mencapai tujuan pemasaran, keempat unsur di atas harus saling mendukung, sehingga keberhasilan di bidang pemasaran dikuti oleh kepuasan konsumen. Maka tidak salah jika ada pertanyaan tentang apa penemuan yang bermanfaat bagi distribusi barang.

Saluran distribusi barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk sampai ke konsumen atau berbagai aktivitas perusahaan yang mengupayakan agar produk sampai ke tangan konsumen.

Saluran distribusi barang ini penting, karena barang yang telah dibuat dan harganya sudah ditetapkan itu masih menghadapi masalah, yakni masih harus disampaikan kepada konsumen.

Sejak zaman dahulu hingga sekarang ini. Penemuan yang bermanfaat bagi distribusi barang adalah transportasi, dan dapat dijabarkan sebagai berikut.

1. Roda

Penemuan roda adalah tonggak awal proses distribusi barang menjadi lebih cepat dan mudah. Roda untuk distribusi barang pertama kali diaplikasikan ke kereta yang ditarik oleh kuda.

2. Mesin Uap

Alat transportasi modern mulai berkembang saat ditemukan mesin uap. Mesin uap dalam hal ini diaplikasikan dalam kereta uap yang berfungsi untuk mendistribusikan barang ke tempat yang memiliki jarak lebih jauh.

3. Mesin Transportasi Modern

Penemuan mesin transportasi modern adalah puncak dari kemajuan penemuan alat untuk distribusi barang. Zaman sekarang, barang dapat didistribusikan melalui motor, minibus, bus, truk, pesawat, dan lain sebagainnya sehingga barang sampai ke konsumen lebih cepat.

Baca Juga: Pola Kehidupan Nomaden Manusia Purba dalam Masa Prasejarah

Demikian jawaban untuk pertanyaan apa penemuan yang bermanfaat bagi distribusi barang. Semoga informasi ini bermanfaat. (ARD)

https://kumparan.com/berita-terkini/3-penemuan-yang-bermanfaat-bagi-distribusi-barang-21QzpLgayYU

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations