3 Ciri Khas yang Menonjol dari IQ pada Anak Cerdas
Oleh Berita Terkini
Apa ciri khas yang menonjol dari IQ. Sumber: pexels.com
Apa ciri khas yang menonjol dari IQ. Sumber: pexels.com

Setiap anak memiliki IQ yang berbeda-beda. Jadi, tak heran jika tingkat kecerdasan anak juga sangat beragam. Lantas, sebenarnya apa ciri khas yang menonjol dari IQ pada anak cerdas?

Pertanyaan ini kerap kali diajukan oleh para orang tua yang sedang fokus pada tumbuh kembang anak. Sebab, nyatanya ada beberapa ciri spesifik yang bisa terlihat dari seorang anak dengan IQ tinggi.

Apa Ciri Khas yang Menonjol dari IQ pada Anak Cerdas?

Apa ciri khas yang menonjol dari IQ. Sumbr: pexels.com
Apa ciri khas yang menonjol dari IQ. Sumbr: pexels.com

Mengutip dari buku Anakku Bisa Brilliant: Sukses Belajar Menuju Brilliant, Yan Djoko Pietono (2021:6), kecerdasan intelektual atau IQ adalah daya menyesuaikan diri dengan keadaan baru yang menggunakan alat-alat berpikir menurut tujuannya.

Kemudian menurut Sorenson, kecerdasan intelektual adalah kemampuan untuk berpikir abstrak, belajar merespon, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Jadi, apa ciri khas yang menonjol dari IQ pada anak cerdas? Berikut beberapa cirinya.

1. Memiliki Empati Tinggi

Salah satu kunci IQ tinggi adalah dapat memahami sesuatu dengan perspektif orang lain. Sedangkan kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengerti dan mengekspresikan perasaan dengan cara yang sehat dan produktif.

Artinya, orang yang IQnya tinggi, maka bisa menyadari apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain secara umum. Selain itu, empati juga menunjukkan aspek lebih dalam dari penerimaan atas pengalaman milik orang lain.

2. Menghargai Kesendirian

Merasakan kepuasaan ketika sendirian juga jadi ciri khas IQ lainnya. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk bersosialisasi, maka akan semakin sedikit waktu untuk melakukan introspeksi dan mencapai tujuan pribadi.

Akan tetapi, bukan berarti orang seperti ini tidak bergaul sama sekali. Namun, orang dengan IQ tinggi cenderung lebih menghargai kesendiriannya, tetapi juga sangat memahami kebutuhan mereka dalam hal bersosialisasi.

3. Memahami Diri Sendiri

Ciri khas IQ tinggi yang berikutnya adalah sangat memahami diri sendiri. Adapun pemahaman ini mencakup pada pengetahuan atas nilai-nilai pribadi, tujuan hidup, potensi, dan lain sebagainya.

Seseorang yang sangat memahami dirinya sendiri bisa disimpulkan bahwa ia memiliki kecerdasan yang tinggi. Hal ini karena ia merasa nyaman dengan dirinya sendiri, mengetahui kemampuan yang dimilikinya, serta percaya diri dengan keputusan yang mencerminkan nilai.

Baca Juga: Contoh Soal Tes IQ untuk Belajar Persiapan Ujian

Demikian beberapa ciri khas IQ pada anak cerdas yang menarik untuk dipahami lebih lanjut oleh para orang tua. (Anne)

https://kumparan.com/berita-terkini/3-ciri-khas-yang-menonjol-dari-iq-pada-anak-cerdas-21krZWQNT7i

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations