Minggu, 9 Februari 2020 (Minggu Septuagesima)

hitabatak.com > Artikel > Minggu, 9 Februari 2020 (Minggu Septuagesima)

Minggu, 9 Februari 2020 (Minggu Septuagesima)

Ingin Berbahagia ? Takutlah akan Tuhan 

Mazmur 112:1-10
1. Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan Tuhan, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. 2. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. 3. Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya. 4. Di dalam gelap terbit terang bagi orang benar; pengasih dan penyayang orang yang adil. 5. Mujur orang yang menaruh belas kasihan dan yang memberi pinjaman, yang melakukan urusannya dengan sewajarnya. 6. Sebab ia takkan goyah untuk selama-lamanya; orang benar itu akan diingat selama-lamanya. 7. Ia tidak takut kepada kabar celaka, hatinya tetap, penuh kepercayaan kepada Tuhan. 8. Hatinya teguh, ia tidak takut, sehingga ia memandang rendah para lawannya. 9. Ia membagi-bagikan, ia memberikan kepada orang miskin; kebajikannya tetap untuk selama-lamanya, tanduknya meninggi dalam kemuliaan. 10. Orang fasik melihatnya, lalu sakit hati, ia menggertakkan giginya, lalu hancur; keinginan orang fasik akan menuju kebinasaan.

Semua orang ingin hidup bahagia. Dimanakah kita memperolehnya? Nats ini mengatakan, milikilah karakter takut akan Tuhan dan menyukai perintah Tuhan (Ayat 1). Karena mereka akan memiliki keturunan yang perkasa dan orang benar di bumi (Ayat 2), memiliki harta dan mau berbagi (Ayat 3 dan seterusnya).

Apa artinya takut akan Tuhan dan menyukai perintah Tuhan? Orang yang takut akan Tuhan berarti hormat karena terpesona akan kemuliaan dan kasih Tuhan. Terutama kasih Tuhan yang tak bertara di dalam Tuhan Yesus, yang mau berkorban dan memberikan nyawaNya untuk keselamatan kita. Kekaguman itulah yang mendorong kita untuk takut melakukan hal yang tidak berkenan bagiNya. Tetapi sebaliknya, mendorong kita untuk melakukan segala perintah-perintahNya. Bahkan membuat itu menjadi kesukaan, kegirangan dan kesukaan bagiNya. Selalu lapar akan Firman Tuhan. Apapun yang dia lakukan selalu berdasar dan sesuai dengan Firman Tuhan.

Baca Juga  Minggu, 7 Juni 2020 (Mensyukuri minggu Trinitas)

Dengan perilaku tersebut maka orang yang takut akan Tuhan menjadi orang benar, saleh dan jujur (Ayat 2 + 4). Menjadi orang yang murah hati, suka meminjamkan serta jujur dalam segala urusan (Ayat 5) dan suka berbagi (Ayat 9). Maka Tuhan memberkati hidupnya. Keturunannya terberkati (Ayat 2), keluarganya akan kaya, makmur dan sejahtera selama-lamanya (Ayat 3), jalan mereka selalu diterangi Allah bahkan mereka menjadi terang bagi orang yang di dalam kegelapan (Ayat 4), mereka tidak pernah takut atau kuatir karena percaya bahwa Tuhan selalu dekat menyertai mereka. Apapun yang terjadi semangat mereka berTuhan tetap tinggi dan tidak pernah surut walau kesulitan terjadi. Kualitas hidup sungguh luar biasa. Karena itu, takutlah akan Tuhan, maka Tuhan akan menganuherahkan kebahagiaan!

*Yayasan Badan Kerjasama Marturia